STRUKTUR PASAR DAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU HILIR PASCA KRISIS EKONOMI 2008: KASUS PADA PT SUNWOOD TIMBER INDUSTRIES

Adiatma, Daniel Dimas (2013) STRUKTUR PASAR DAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU HILIR PASCA KRISIS EKONOMI 2008: KASUS PADA PT SUNWOOD TIMBER INDUSTRIES. Jurnal Ilmu Ekonomi. pp. 1-12.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana truktur pasar dan strategi bersaing PT.Sunwood Timber Industries pada tahun 2009-2010. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada responden dari PT.Sunwood, sedangkan data sekunder didapatkan melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementrian Perindustrian. Alat analisis yang digunakan adalah analisis concentration ratio(CRn) dan analisis 5 faktor porter. Analisis concentration ratio(CRn) digunakan untuk mengetahui struktur pasar pada industri pengolahan kayu hilir. Analisis 5 faktor porter digunakan untuk mengetahui strategi bersaing PT.Sunwood pada masa krisis dan pasca krisis ekonomi Amerika dan Eropa. Berdasarkan hasil perhitungan concentration ratio(CRn), struktur pasar industri pengolahan kayu hilir adalah pasar persaingan monopolistik. Dari hasil pengamatan langsung di PT.Sunwood Timber Industries, strategi bersaing yang utama dari perusahaan tersebut adalah menjaga kualitas produk baik dari segi inovasi maupun sertifikat kelengkapan produk. Perusahaan tersebut juga melakukan pengalihan lokasi pemasaran produk dari Amerika dan Eropa menjadi pasar Asia dan Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: struktur pasar, rasio konsentrasi, strategi bersaing, industri pengolahan kayu hilir
Subjects: Ilmu Ekonomi > Swadaya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Nov 2013 09:44
Last Modified: 14 Mar 2014 08:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4451

Actions (login required)

View Item View Item