BENTUK-BENTUK PROMOSI DAN TUMPANG TINDIH PERAN DALAM PELAKSANAAN PROMOSI TOKO BUKU KANISIUS YOGYAKARTA

Togana, Venantius Isaac Bani (2013) BENTUK-BENTUK PROMOSI DAN TUMPANG TINDIH PERAN DALAM PELAKSANAAN PROMOSI TOKO BUKU KANISIUS YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0SOS03045.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1SOS03045.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2SOS03045.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3SOS03045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (Bab IV)
4SOS03045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5SOS03045.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Kegiatan promosi memiliki peran sangat penting dalam memasarkan produk penerbitan seperti buku. Permasalahan yang diteliti yaitu: 1) bagaimana bentukbentuk promosi yang dijalankan sales promotion support PT Kanisius? dan 2) bagaimana tumpang tindih peran dalam pelaksanaan promosi PT Kanisius Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk promosi dan tumpang tindih peran dalam pelaksanaan promosi PT Kanisius Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Penerbit PT. Kanisius Yogyakarata. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada informan penelitian yaitu ibu Murni dan ibu Christina. Subjek penelitian yaitu pegawai sales promotion support PT Kanisius. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif analisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: pertama, bentuk-bentuk promosi yang dilakukan yaitu launching buku-buku baru di gereja, kampus atau di pasar umum, networking dengan lembaga gereja guna memasarkan buku-buku rohani, penawaran langsung kepada konsumen, penjualan melalui toko-toko buku, pameran dan display dengan mengikuti pameran yang diselenggarkan oleh pihak lain, promosi melalui media (cetak, elektronik dan maya) dan promosi melalui multimedia, serta kegiatan artistik dalam mendukung promosi. Kedua, adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan kegiatan promosi. Tumpang tindih peran terjadi antara divisi pasar gereja dan pasar umum serta tumpang tindih antara bagian pasar gereja, bagian pasar umum dan tim artistik dan dunia maya. Tumpang tindih peran memperlihatkan kurangnya pengorganisasian dalam kegiatan promosi disebabkan oleh adanya pembagian tugas yang didasarkan pada wilayah kerja dan sasaran dipandang tidak efektif, tidak ada unsur organisasi yeng melayani kebutuhan pegawai di masingmasing unit, dan kurang adanya koordinasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Promosi, Tumpang Tindih Peran, dan SalesPromotion Support
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Dec 2013 10:07
Last Modified: 04 Dec 2013 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4485

Actions (login required)

View Item View Item