PERENCANAAN KAMPANYE LANGKAH CUCI TANGAN BERSIH 5-6 PASTI RSUP DR. SARDJITO PERIODE 2011-2012

Tunjungsari, Ayu Diah (2014) PERENCANAAN KAMPANYE LANGKAH CUCI TANGAN BERSIH 5-6 PASTI RSUP DR. SARDJITO PERIODE 2011-2012. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-14.

[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Kampanye merupakan aktivitas komunikasi yang kerap digunakan oleh organisasi dalam memperkenalkan sebuah produk atau gagasan, namun dalam hal ini organisasi yang dimaksud adalah rumah sakit. RSUP Dr. Sardjito merupakan organisasi yang berbentuk rumah sakit yang dikelola pemerintah, awalnya RSUP Dr. Sardjito mengikuti sebuah event yang diadakan oleh World Health Oganization (WHO) bernama hand hygene pacific award yaitu sebuah ajang dikhususkan bagi rumah sakit yang berada di negara berkembang yang banyak terjadi kasus pasien terpapar infeksi nosokomial, hal tersebut yang melatar belakangi RSUP Dr. Sardjito untuk mengikuti ajang tersebut mengingat RSUP Dr. Sardjito merupakan rumah sakit rujukan di Jawa Tengah, tujuan kampanye ini yaitu untuk menciptakan kesadaran kepada masyarakat rumah sakit mengenai cuci tangan bersih sesuai standar WHO. Penelitian ini berjudul Perencanaan Kampanye Langkah Cuci Tangan Bersih 5-6 Pasti RSUP Dr. Sardjito Periode 2011-2012. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam melaksanakan kampanye tentunya memerlukan perencanaan yang matang, dalam hal ini perencanaan yang dilakukan terdapat tahap-tahap yang dilalui yaitu melalui rapat internal yang dilakukan secara bertahap, fact finding, penentuan tema, penentuan target audiens, simulasi kampanye, merancang pesan, merancang strategi, merancang media kampanye, merancang waktu dan pelaksanaan kampanye dalam rundown bulanan serta evaluasi. Perencanaan kampanye dilakukan oleh tim Panitia pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit (PPI-RS) atau sering disingkat PPI bekerja sama dengan humas untuk merancang tahap-tahap perencanaan kampanye.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Perencanaan kampanye, target audiens
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2014 11:50
Last Modified: 17 Mar 2014 07:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item View Item