Pengaruh Tingkat Partisipasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Karyawan dalam Program Sosialisasi Nilai Baru Organisasi Penerbit dan Percetakan Kanisius

Sari, Theodorin Nawang (2013) Pengaruh Tingkat Partisipasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Karyawan dalam Program Sosialisasi Nilai Baru Organisasi Penerbit dan Percetakan Kanisius. Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Sebuah organisasi yang memiliki kebijakan baru atau perubahan nilai organisasi dikomunikasikan kepada seluruh karyawan dengan harapan nilai tersebut menjadi acuan mereka dalam berperilaku dan bertindak dalam kehidupan organisasi sehari-hari. Untuk mencapai proses penerimaan nilai baru, Penerbit dan Percetakan Kanisius mengkomunikasikan perubahan nilai tersebut dengan mengadakan serangkaian program sosialisasi. Sosialisasi dalam organisasi merupakan salah satu cara menyampaikan informasi-informasi yang berkaitan dengan perubahan besar pada organisasi. Sosialisasi merupakan salah satu aktivitas komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan perubahan pengetahuan, sikap mental, dan perilaku khalayak sasaran terhadap ide pembaruan (inovasi) yang ditawarkan. Tujuan dari sosialisasi tersebut akan lebih berhasil dengan adanya partisipasi. Secara konseptual partisipasi terdiri dari dua sisi, partisipasi secara mental serta partisipasi secara fisik. Partisipasi tidak hanya keterlibatan secara fisik tetapi keterlibatan mental dan emosional seseorang, sehingga mendorong untuk berkontribusi dan kesediaan untuk menerima tanggung jawab. Dalam penelitian ini peneliti menggali tingkat partisipasi secara mental hingga menemukan hasil pngaruh partisipasi terhadap tingkat pengetahuan dan pemahaman karyawan akan nilai baru organisasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan sebagai responden. Hasil dari penelitian ini,terdapat kontribusi tingkat partisipasi dalam program sosialisasi terhadap tingkat pengetahuan nilai-nilai organisasi 25.4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Pengaruh lebih kuat pada kelompok responden yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi dengan besar pengaruh 32.3%. Pengaruh lebih kuat pada kelompok responden yang memiliki tingkat lama bekerja lebih tinggi dengan besar 26.3%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, tingkat partisipasi, tingkat pengetahuan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2014 12:14
Last Modified: 12 Mar 2014 12:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item