Putra, Dhoni Caesar (2014) PENGARUH PERCEIVED GOAL IMPEDIMENT, PERCEIVED AD CLUTER, PRIOR NEGATIVE EXPERIENCES TERHADAP PERILAKU PENGGUNA INTERNET UNTUK MENGHINDARI IKLAN DI INTERNET (Studi Deskriptif Tentang Pengaruh Perceived Goal Impedimint, Perceived Ad Cluter, Prior Negative Experiences Terhadap Perilaku Pengguna Internet untuk Menghindari Iklan Di Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta Semester Genap 2012 – 2013). Jurnal Ilmu Komunikasi.
|
Text
jurnal dhoni.pdf Download (930kB) | Preview |
Abstract
Pengguna internet mengalami pertumbuhan yang luar biasa, tercatat pada 31 Desember 2011 pengguna internet di dunia sudah mencapai 2,267,233,742 pengguna. Seiring dengan maraknya pertumbuhan internet di dunia, maka media ini juga dilirik oleh pemasar untuk memasarkan produknya. Perusahaan sudah mulai menyadari bahwa suatu pesan atau iklan yang berkualitas tidak akan sukses dalam penyampaiannya jika menggunakan media yang tidak sesuai. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi pengguna internet untuk menghindari iklan di internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dan secara individual perceived goal Impedimint, perceived ad cluter, prior negative experiences berpengaruh terhadap penghindaran terhadap iklan di internet. Perubahan perilaku penghindaran terhadap iklan di internet dijelaskan oleh adanya perceived goal Impedimint, perceived ad cluter, prior negative experiences sebesar 39,8%. Selain itu penelitian juga menemukan bahwa perceived goal Impedimint berpengaruh terhadap penghindaran terhadap iklan di internet dan besar pengaruh perceived goal Impedimint terhadap penghindaran terhadap iklan di internet sebesar 0,299 (lemah). Berdasarkan hal tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi “Perceived goal Impedimint berpengaruh terhadap Ad Avoidance” dalam penelitian ini terbukti. Variabel prior negative experiences berpengaruh terhadap penghindaran terhadap iklan di internet dan besar pengaruh prior negative experiences terhadap penghindaran terhadap iklan di internet sebesar 0,183 (sangat lemah). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Perceived Ad Clutter berpengaruh terhadap Ad Avoidance” dalam penelitian ini terbukti. Variabel prior negative experiences berpengaruh terhadap penghindaran terhadap iklan di internet. Besar pengaruh prior negative experiences terhadap penghindaran terhadap iklan di internet sebesar 0,183 dan nilai pengaruh ini termasuk dalam kategori sangat lemah, dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Prior negative Experience berpengaruh terhadap Ad Avoidance” terbukti. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna internet untuk menghindari iklan di internet adalah perceived goal Impedimint, variabel perceived ad cluter dan variabel prior negative experiences.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perceived goal epidemint, perceived ad cluster, prior negative experiences, penghindaran terhadap iklan di internet |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 08:14 |
Last Modified: | 12 Mar 2014 13:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4623 |
Actions (login required)
View Item |