AKTIVITAS PROMOSI JAGONGAN WAGEN DALAM MENINGKATKAN KETERTARIKAN MINAT PENONTON DI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Promosi Relationship Marketing Jagongan Wagen di Jejaring Sosial Facebook dalam Meningkatkan Ketertarikan Minat Penonton di Yogyakarta)

Nugrahanta, Domenico khalik (2013) AKTIVITAS PROMOSI JAGONGAN WAGEN DALAM MENINGKATKAN KETERTARIKAN MINAT PENONTON DI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Promosi Relationship Marketing Jagongan Wagen di Jejaring Sosial Facebook dalam Meningkatkan Ketertarikan Minat Penonton di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Aktivitas promosi dari jagongan wagen menggunakan media jejaring sosial Facebook dan relationship marketing yang terbangun dari aktivitas akun di Facebook. Fokus dari penelitian ini adalah promosi yang dilakukan oleh jagongan wagen untuk meningkatkan minat menonton masyarakat di Yogyakarta sebagai penonton. Penelitian ini bertujuan pula untuk mengetahui bagaimana promosi tersebut membentuk pengetahuan penonton. Tekait dengan hal ini, teori teori yang dipakai adalah teori komunikasi, konsep promosi, konsep perilaku konsumen, sosial media di internet khususnya Facebook, serta teori relationship marketing. Inti dari teori relationship marketing adalah adanya hubungan komunikasi dua arah yang dengan mengelola hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Hubungan yang baik yang telah terjaga mampu menciptakan kepuasan pelanggan. 4 Dimensi Relationship Marketing : Bonding, Empathy, Reciprocity, Trust. Perhatian yang intensif mendukung atas minat yang lebih. Minat sakan dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, kepribadian penonton. Penonton akan berproses dengan tahapan tahapan tersebut dimana merupakan sebuah bentuk pemberlajaran dan suatu kegiatan yang dilakukan sebelum meberikan keputusan untuk melakukan aksi atas minat dan ketertarikan tersebut, yaitu menonton pagelaran Jagongan Wagen. Penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif secara kualitatif karena fokus dari penelitian ini adalah relationship marketing yang terbangun antara pihak penyelenggara dan penonton dalam aktivitas promosi jagongan wagen untuk menarik minat penonton yang lain di Yogyakarta. Hubungan yang terjalin baik antara penyelenggara dan penonton yang begitu loyal, menumbuhkan inisiatif penonton sebagai media komunikator dalam menjalankan relationship marketing untuk meningkatkan minat dan ketertarikan penonton di Yogyakarta. Hubungan baik yang terjalin adalah lebih berharga, sehingga mampu membayar kepuasaan penonton akan pagelaran yang menarik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat, ketertarikan penonton, relationship marketing, Facebook
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2014 08:28
Last Modified: 12 Mar 2014 12:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4625

Actions (login required)

View Item View Item