PERSEPSI CREATIVE DIRECTOR TENTANG PENGGUNAAN BUDAYA DALAM KREATIF IKLAN PADA MEREK GLOBAL (Studi Kasus Persepsi Iklan Tentang Penggunaan Budaya Universal dalam Iklan TVC Oreo Ice Cream Flavor di Indonesia dan Arab Saudi dari Sudut Pandang Creative Director Biro Iklan di Yogyakarta)

., Murni (2013) PERSEPSI CREATIVE DIRECTOR TENTANG PENGGUNAAN BUDAYA DALAM KREATIF IKLAN PADA MEREK GLOBAL (Studi Kasus Persepsi Iklan Tentang Penggunaan Budaya Universal dalam Iklan TVC Oreo Ice Cream Flavor di Indonesia dan Arab Saudi dari Sudut Pandang Creative Director Biro Iklan di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03598.pdf

Download (352Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03598.pdf

Download (456Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03598.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03598.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03598.pdf

Download (352Kb)

Abstract

Iklan TVC Oreo Ice Cream Flavor merupakan iklan merek global. Iklan versi Ice Cream Flavor memiliki tema atau konsep yang sama di berbagai negara namun dalam eksekusi yang berbeda. Melalui eksekusi yang berbeda di Indonesia dan Arab Saudi, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi creative director biro iklan di Yogyakarta tentang penggunaan budaya dalam iklan tersebut.Metode dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus instrumental jamak (collective or multiple case study) (Creswell: 2007, 73). Subyek penelitian ini adalah creative director biro iklan di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam dengan creative director Srengenge dan Simpul Communication.Teori coordinate management of meaning dapat digunakan dalam menganalisis komunikasi yang dilakukan talent dalam kedua iklan TVC. Berdasarkan tutur kata yang terdapat dalam masing-masing iklan dapat dilihat penggunaan budaya yang membedakan kedua iklan TVC tersebut. Penggunaan budaya sebagai adaptasi pada setiap negara menjadikan eksekusi dalam iklan yang memiliki tema yang sama menjadi berbeda. Pada iklan TVC Oreo Ice Cream di Indonesia dan Arab Saudi terdapat aspek budaya yang membedakan alur cerita kedua iklan tersebut. Penggunaan budaya yang digunakan umumnya adalah budaya universal. Penggunaan budaya universal bertujauan agar iklan dapat menjadi lebih dekat dengan khalayknya dan dapat diterima oleh khalayaknya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreatif iklan, Iklan Merek Global, Creative Director, Budaya Universal
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2014 09:41
Last Modified: 12 Feb 2014 09:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item