Ristaviana, Cinthya (2014) PENGARUH PERBEDAAN BUDAYA PEMIMPIN TERHADAP KEPUASAN KOMUNIKASI KARYAWAN MIDDLE MANAGER HOTEL PHOENIX YOGYAKARTA. Jurnal Ilmu Komunikasi.
|
Text
Jurnal Cinthya Ristaviana.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Model komunikasi yang dihasilkan oleh tiap pelaku komunikasi berbeda-beda. Perbedaan ini tidak lain disebabkan oleh adanya perbedaan kerangka berpikir dan latar belakang pengalaman seseorang (frame of references and fields of experiences). Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan budaya kepemimpinan terhadap kepuasan komunikasi karyawan middle manager Hotel Phoenix Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan budaya kepemimpinan memiki pengaruh terhadap kepuasan komunikasi karyawan middle manager Hotel Phoenix Yogyakarta. Karyawan midle manajement mengharapkan memiliki pemimpin atau GM yang dapat menyesuaikan dengan keinginan atau harapan dari karyawannya atau lebih dikenal dengan membumi (down earth). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas komunikasi interpersonal antara GM dengan karyawan hanya sebatas pekerjaan saja. Kondisi ini menggambarkan bahwa GM secara sengaja membangun komunikasi interpersonal dengan karyawan hanya sebatas kerja sehingga kedekatan secara interpersonal dengan karyawan termasuk kurang. Bukti ini diperkuat dengan adanya jarak ruang antara GM dengan karyawan berbeda ruangan. Adanya jarak tersebut menunjukan bahwa GM membutuhkan privasi serta tidak mau terganggu oleh urusan-urusan karyawan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perbedaan budaya, fenomenologi, kepuasan komunikasi, komunikasi interpersonal |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 07:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2014 12:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4680 |
Actions (login required)
View Item |