PERAN FACEBOOK DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Facebook sebagai Media dalam Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid di SMP Maria Immaculata)

Pertiwi, Skolastika Santi (2013) PERAN FACEBOOK DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Facebook sebagai Media dalam Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid di SMP Maria Immaculata). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03703.pdf

Download (1554Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03703.pdf

Download (343Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03703.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03703.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1728Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03703.pdf

Download (318Kb)

Abstract

Facebook (FB) merupakan sebuah wadah yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kaum muda dalam berjejaring. Selain itu FB yang berbasis internet juga digunakan sebagai media untuk berkomunikasi antara guru dengan murid. Penelitian dengan judul Peran Facebook dalam Komunikasi Interpersonal (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran FB sebagai Media dalam Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid di SMP Maria Immaculata), bertujuan untuk mengetahui peran FB dalam komunikasi interpersonal antara guru dan murid di SMP Maria Immaculata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan selama bulan Juli 2012 – Juni 2013 dengan cara observasi dan wawancara. Observasi dilakukan melalui timeline FB milik beberapa guru dan murid SMP Maria Immaculata, dan wawancara terhadap mereka dilakukan via inbox FB dan bertemu langsung. Penelitian ini menggunakan dasar teori ABX milik Theodore Newcomb, komunikasi menurut Harold Lasswell dan 4 model komunikasi Goleman dan Hammen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketika A dan B melakukan komunikasi dengan X sebagai objeknya dan mencapai keadaan simetris, maka komunikasi tersebut bisa memberikan dampak positif. Sebaliknya jika tidak mencapai keadaan simetris maka akan mempengaruhi sistem sosial antara mereka. Penelitian ini juga melihat bahwa situs jejaring sosial FB mengakomodir guru untuk berkomunikasi dengan muridnya sebagai teman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Media, Facebook, Proses Belajar Mengajar.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2014 11:55
Last Modified: 17 Feb 2014 11:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item