Peran Facebook dalam Komunikasi Interpersonal Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Facebook sebagai Media dalam Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid di SMP Maria Immaculata

Pertiwi, Skolastika Santi (2013) Peran Facebook dalam Komunikasi Interpersonal Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Facebook sebagai Media dalam Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid di SMP Maria Immaculata. Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (481Kb)

Abstract

Facebook (FB) digunakan sebagai media untuk berkomunikasi antara guru dengan murid di SMP Maria Immaculata (MI). Komunikasi interpersonal antara mereka dapat dilihat dari aspek hubungan personal, penerapan tata tertib, dan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran FB dalam komunikasi interpersonal antara guru dan murid di SMP MI. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan selama bulan Juli 2012 – Juni 2013 dengan cara observasi timeline FB milik beberapa guru, wawancara via inbox dan tatap muka. Pijakan awal penelitian ini menggunakan teori ABX Theodore Newcomb, komunikasi Harold Lasswell dan 4 model komunikasi Goleman dan Hammen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketika A dan B melakukan komunikasi dengan X sebagai objeknya dan mencapai keadaan simetris, maka komunikasi tersebut bisa memberikan dampak positif. Jika tidak, maka akan mempengaruhi sistem sosial antara mereka. Situs jejaring sosial FB mengakomodir guru untuk berkomunikasi dengan muridnya sebagai teman. Sisi positif dari hubungan guru-murid di FB adalah leburnya batasan pendidik dengan anak didik, karena dalam FB seluruh individu terkait sebagai teman. Sisi negatifnya, hubungan yang terjalin menjadi tidak fair ketika di sisi lain sekolah ingin menjadi teman, sejajar, tapi di sisi lain sekolah memberlakukan peraturan di dunia maya. Terlebih lagi tidak ada peraturan tertulis yang mengatur guru dalam berjejaring. Keywords: Komunikasi Interpersonal, Media, Facebook, Proses Belajar Mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Media, Facebook, Proses Belajar Mengajar
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2014 11:58
Last Modified: 13 Mar 2014 13:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item