FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KONSUMEN BERBELANJA DI ONLINE SHOP FACEBOOK (Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Konsumen yang Pernah Melakukan Transaksi Pembelian di Jogja Online Shop Periode 2010-2013)

Prastyaningtyas, Maria Lydia (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KONSUMEN BERBELANJA DI ONLINE SHOP FACEBOOK (Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Konsumen yang Pernah Melakukan Transaksi Pembelian di Jogja Online Shop Periode 2010-2013). Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img] Text
EJOURNAL MARIALYD 3704.pdf

Download (819Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong konsumen berbelanja di online shop facebook khususnya JogjaOnline Shop. Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor yang mendorong konsumen berbelanja di JogjaOnline Shop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technological Determinsm Theory dari Marshall McLuhan, E-Commerce, dan Karakteristik dan Perilaku Konsumen Online dari Lohse dan Spiller. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis faktor. Uji validitas penelitian ini menunjukkan semua instrumen menghasilkan koefisien korelasi yang lebih besar dari 0,227 dinyatakan valid. Sedangkan uji reliabilitas untuk semua variabel bernilai lebih dai 0,6 dan dinyatakan reliabel. Disimpulkan bahwa faktor yang mendorong konsumen berbelanja di Jogjaonline Shop mengelompok menjadi 3 faktor baru yaitu Faktor Kenyamanan Konsumen, Faktor Diferensiasi, dan Faktor Pendapatan Seseorang. Faktor Kenyamanan Konsumen terdiri dari komponen Faktor lokasi toko online, faktor kemudahan akses dan penggunaan website, faktor kepraktisan dan faktor pengetahuan konsumen. Faktor Diferensiasi terdiri dari komponen Faktor keunggulan produk, faktor kredibilitas perusahaan, dan faktor pelayanan dari toko online. Faktor Pendapatan Seseorang terdiri dari komponen Faktor Pendapatan. Terdapat dua faktor yang dikeluarkan dan tidak masuk menjadi faktor pendorong, yaitu Faktor Interven dan Faktor Karakteristik Produk. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah pengelola JogjaOnline Shop harus melalukan inovasi terhadap produk dan halaman facebooknya agar berbeda dari online shop lainnya serta meningkatkan pelayanan dan kualitas produk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: konsumen, belanja online, online shop, Facebook, JogjaOnline Shop
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2014 12:18
Last Modified: 12 Mar 2014 12:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item