Perbandingan Komunikasi Krisis Oleh Media Massa dalam Insiden Kecelakaan Tur Penerbangan Sukhoi Superjet 200 di Indonesia (Analisis Framing dalam Surat Kabar Harian Koran Tempo dan Kompas)

Davita, Emerita Rosalinda (2014) Perbandingan Komunikasi Krisis Oleh Media Massa dalam Insiden Kecelakaan Tur Penerbangan Sukhoi Superjet 200 di Indonesia (Analisis Framing dalam Surat Kabar Harian Koran Tempo dan Kompas). Jurnal Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah_Perbandingan Komunikasi Krisis.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Peristiwa kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) yang terjadi pada tanggal 9 Mei 2012 merupakan salah satu peristiwa krisis di Indonesia. Kecelakaan ini terjadi pada saat tur penerbangan Welcome Asia yang diadakan oleh Sukhoi Civil Aircraft. Selain itu, pemerintah Indonesia dan Rusia juga ikut serta dalam penanganan kecelakaan, mulai dari penyelamatan hingga ganti rugi kepada korban kecelakaan. Peristiwa ini menjadi salah satu agenda media yang penting. Hal ini ditandai dengan penempatan, jumlah pemberitaan, dan rentang waktu pembahasan isu. Penelitian ini secara khusus mengulas tentang komunikasi krisis yang dilakukan oleh SKH Koran Tempo dan Kompas melalui pemberitaannya selama Bulan Mei 2012. Berita yang diteliti adalah berita yang ditampilkan pada halaman pertama dan rubrik berita utama. Metode analisis teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing. Kecenderungan pemberitaan akan dibandingkan untuk mengetahui komunikasi krisis yang dilakukan oleh kedua media tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meskipun dalam kategori media nasional, komunikasi krisis SKH Koran Tempo dan Kompas memiliki frame yang berbeda. Hal ini ditandai dengan munculnya kecenderungan yang berbeda dalam konten dan pengemasan berita. SKH Koran Tempo memunculkan isu seputar konteks bisnis Sukhoi, dugaan penyebab kecelakaan, respon pihak Rusia dan Indonesia dalam menangani kecelakaan. Sementara, SKH Kompas cenderung memberitakan tentang penanganan korban kecelakaan. Kesamaan klasifikasi sebagai media massa nasional tidak lantas menyeragamkan pemberitaan karena media memiliki kepentingan masing-masing di agenda medianya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi krisis, agenda media, pemberitaan, analisis framing
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2014 13:07
Last Modified: 14 Mar 2014 08:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item