Febriawan, Bobby (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN PADA DIGITAL AGENCY DALAM PEMILIHAN BUZZER DI SOCIAL MEDIA (Studi Eksploratif Kualitatif Faktor-Faktor Yang Berperan Pada Digital Agency Dalam Pemilihan Buzzer Di twitter). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03966.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03966.pdf Download (649kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03966.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03966.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03966.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Semiocast.com yang menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara pengguna Twitter terbanyak ke lima di dunia dan Jakarta menjadi kota teraktif dalam posting tweet di dunia. Tidak heran, digital agency memanfaatkan Twitter untuk mempromosikan brand melalui buzzer sebagai komunikator atau brand endorser untuk menyampaikan pesan kepada pengguna Twitter. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul faktor-faktor yang berperan pada digital agency dalam pemilihan buzzer di social media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan faktor-faktor yang berperan pada digital agency dalam pemilihan buzzer di Twitter. Penelitian ini adalah penelitian ekploratif kualitatif, dimana peneliti menemukan datadata dengan menggunakan depth interview dengan obyek penelitian dan observasi akun buzzer. Obyek penelitian adalah tiga digital agency di Jakarta yaitu XM Gravity, Tequila Digital, Isobar Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, dimana peneliti memeriksa keabsahan data dari hasil depth interview dari ketiga digital agency serta hasil observasi akun buzzer. Berdasarkan hasil wawancara dengan obyek penelitian didapati bahwa terdapat beberapa faktor yang berperan pada digital agency dalam pemilihan buzzer di Twitter yaitu objective campaign, compatibility, engagement, followers, influence type, area, budget dari klien, tarif buzzer dan track record. Berdasarkan teori yang dipakai yaitu teori tentang komunikator dari Cangara dan The TEARS Model, maka didapati bahwa digital agency juga menerapkan teori tersebut dalam pemilihan buzzer di Twitter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, faktor yang berperan pada digital agency dalam pemilihan buzzer di Twitter yaitu objective campaign, compatibility, engagement, followers, influence type, area, budget dari klien, tarif buzzer dan track record.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social media, Twitter, digital agency, buzzer, komunikator |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Feb 2014 11:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2014 11:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4716 |
Actions (login required)
View Item |