PERSEPSI PENUMPANG KERETA API TERHADAP TINGKAT PELAYANAN STASIUN TUGU YOGYAKARTA

Riyanta, Wawan (2014) PERSEPSI PENUMPANG KERETA API TERHADAP TINGKAT PELAYANAN STASIUN TUGU YOGYAKARTA. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0MTS01818.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1MTS01818.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2MTS01818.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3MTS01818.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTS01818.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5MTS01818.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penumpang angkutan kereta api dalam menilai kualitas pelayanan jasa yang diberikan oleh pengelola stasiun Tugu Daop 6 Yogyakarta dan merumuskan suatu rekomendasi perbaikan kualitas pelayanan kepada pengelola stasiun Tugu Daop 6 Yogyakarta untuk pelayanan yang diberikan kepada penumpangnya.Penelitian ini menggunakan teknik observasi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 dan 33 tahun 2011, sedangkan pengukuran kepuasan pelanggan menggunakan metode pengukuran Importance-Performance Analysis (IPA) dan skala yang digunakan adalah Skala Likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan sistem random sampling. Pemeriksaan butir kuesioner dilakukan dengan cara uji validitas dan reliabilitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) persepsi pengguna jasa Stasiun Tugu Yogyakarta berdasarkan nilai indeks kepuasan rerata terhadap 8 (delapan) faktor pelayanan sebesar 81% persen masuk kriteria Sangat Puas. Tidak ada faktor pelayanan yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan. Faktor Kondisi dan kelengkapan fasilitas pendukung, Keamanan area stasiun, Sistem penerangan stasiun dan pelayanan fasilitas parkir kendaraan menjadi prioritas rendah untuk ditingkatkan kinerjanya oleh pengelola stasiun. (2) Persepsi penumpang kereta api berdasarkan nilai indeks kepuasan 85 persen masuk kriteria Sangat Puas. Tidak ada faktor pelayanan yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan. Faktor Tingkat keamanan barang bagasi di kereta api, Fasilitas keselamatan di kereta api dan Tingkat kepastian mendapatkan tempat duduk di kereta api menjadi faktor menjadi prioritas rendah untuk ditingkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pelanggan, Kereta Api, Stasiun Tugu Yogyakarta
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Feb 2014 13:08
Last Modified: 27 Feb 2014 13:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4824

Actions (login required)

View Item View Item