OPTIMALISASI ALGORITMA DAN QUERY DENGAN MENGEKSPLOITASI KEMAMPUAN PROSESOR MULTI-CORE STUDI KASUS: PENGEMBANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA PERPAJAKAN PNS

Murtiwijaya, Antonius Bima (2012) OPTIMALISASI ALGORITMA DAN QUERY DENGAN MENGEKSPLOITASI KEMAMPUAN PROSESOR MULTI-CORE STUDI KASUS: PENGEMBANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA PERPAJAKAN PNS. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF01622.pdf

Download (748Kb)
[img] Text (Bab I)
1MTF01622.pdf

Download (549Kb)
[img] Text (Bab II)
2MTF01622.pdf

Download (1191Kb)
[img] Text (Bab III)
3MTF01622.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MTF01622.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2498Kb)
[img] Text (Bab V)
5MTF01622.pdf

Download (965Kb)

Abstract

Perkembangan teknologi perangkat keras terutama processor saat ini sangatlah pesat dengan hadirnya sistem multi-core processor. Namun dengan perkembangan prosesor pun tidak lah cukup untuk meningkatkan kecepatan dari suatu sistem. Diperlukan langkah pengoptimalisasian pada sisi perangkat lunak dengan cara yang benar untuk mampu memaksimalkan kinerja dari perangkat kerasnya. Studi kasus ini melakukan pengolahan data skala besar dalam satu waktu. Masalah data yang banyak ini bertambah kompleks karena adanya perbedaan format sumber data yang berupa file excel dihampir tiap kabupaten. Penelitian ini akan dilakukan 3 tahapan optimalisasi yaitu dengan memanfaatkan memori primer, menggunakan paralelisasi lokal, dan paralelisasi lokal dengan metode overlapping. Metode overlapping adalah metode baru yang dikembangkan dalam penelitian ini. Jika dilihat dari sudut pandang hukum Amdahl, metode overlapping ini berperan dalam memperbesar nilai jumlah bagian yang bisa diparalelisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan performa yang baik, waktu eksekusi pada bagian pengolahan datanya berhasil direduksi hingga 98,15% untuk semua tahap optimalisasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Paralelisasi Lokal, Data Skala Besar.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 08:38
Last Modified: 03 May 2013 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item