“PENGARUH INTENSITAS TERPAAN INFORMASI MELALUI TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN” (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Intensitas Terpaan Informasi Melalui Twitter @cinema21 terhadap Tingkat Keputusan Pembelian yang Dikontrol oleh Sikap dan Tingkat Motif Pembelian Tiket Bioskop Pada Followers @cinema21)

SOWOLINO, GLORIA ANASTASIA (2014) “PENGARUH INTENSITAS TERPAAN INFORMASI MELALUI TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN” (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Intensitas Terpaan Informasi Melalui Twitter @cinema21 terhadap Tingkat Keputusan Pembelian yang Dikontrol oleh Sikap dan Tingkat Motif Pembelian Tiket Bioskop Pada Followers @cinema21). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03711.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03711.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03711.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03711.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03711.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Twitter merupakan salah satu tool masa kini yang marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam memasarkan produknya. Hal ini merupakan langkah yang ditempuh dalam melakukan kegiatan advertising atau periklanan bagi perusahaan. Twitter menjadi salah satu social media yang paling diminati oleh manusia saat ini karena sangat gampang diakses, simpel, dan aktual. 21 Cineplex Group merupakan perusahaan bioskop terbesar di tanah air, yang memiliki brand Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere, dan IMAX 3D. Dalam melakukan kegiatan advertising-nya, 21 Cineplex Group juga menggunakan Twitter sebagai sarana atau media penyampaian informasi. Informasi yang diberikan terkait jadwal film terbaru, film yang akan release, pengumuman quiz, info midnight movie, dan lain sebagainya. Informasi yang diberikan tersebut diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dimana keputusan pembelian konsumen dapat dikontrol oleh sikap dan motif pembelian konsumen, yang tentu saja antara konsumen satu dengan yang lainnya memiliki sikap dan motif pembelian yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode survey. Peneliti mengambil populasi sebanyak 100 orang serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Pada akhirnya, kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh intensitas terpaan informasi melalui Twitter @cinema21 terhadap tingkat keputusan pembelian tiket bioskop pada followers @cinema21 sebesar 0,065 dengan signifikansi 0,010 dan R2 0,065, pengaruh intensitas terpaan informasi melalui Twitter @cinema21 terhadap tingkat keputusan pembelian tiket bioskop yang dikontrol oleh sikap followers @cinema21 sebesar 0,146 dengan signifikansi 0,019 dan R2 0,146, dan pengaruh intensitas terpaan informasi melalui Twitter @cinema21 terhadap tingkat keputusan pembelian tiket bioskop yang dikontrol oleh tingkat motif pembelian followers @cinema21 sebesar 0,093 dengan signifikansi 0,009 dan R2 0,093.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Twitter, terpaan informasi, keputusan pembelian, sikap, dan motif pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jun 2014 10:31
Last Modified: 03 Jun 2014 10:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5178

Actions (login required)

View Item View Item