PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada pelanggan Kedai Kopi Ekpresso Bar Yogyakarta)

Aretha, Natasya (2013) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada pelanggan Kedai Kopi Ekpresso Bar Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02760.pdf

Download (605Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02760.pdf

Download (271Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02760.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02760.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02760.pdf

Download (505Kb)

Abstract

Pegawai sebagai ujung tombak sebuah perusahaan hendaknya mampu memahami mengenai komunikasi yang tepat terhadap pelanggan. Cara berkomunikasi pegawai kepada pelanggan menentukan kepuasan pelanggan yang membentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei eksplanatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas komunikasi interpersonal antara barista dengan pelanggan terhadap tingkat loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yakni sebanyak 90% telah menilai bahwa komunikasi interpersonalnya tergolong dalam kategori baik, 80% telah menilai bahwa kepuasannya tergolong dalam kategori puas dan sebagian besar responden yakni sebanyak 88,6% telah menilai bahwa tergolong dalam kategori loyal. Berdasarkan perhitungan, diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,809 dan nilai probabilitas (p. value) sebesar 0,000. Karena nilai p. value lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pelanggan. Besar pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,809. Kondisi ini menggambarkan bahwa semakin tinggi komunikasi interpersonalnya, maka kepuasan pelanggan semakin tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pelanggan. Kondisi ini menggambarkan bahwa semakin tinggi komunikasi interpersonalnya, maka kepuasan pelanggan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal dan kepuasan pelanggan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jun 2014 12:22
Last Modified: 03 Jun 2014 12:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item