STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) MELALUI PROGRAM KFC MUSIC HIT LIST ( Studi Deskriptif tentang Strategi Komunikasi Pemasaran KFC melalui Program KFC Music Hit List dengan menggunakan endorser SMASH)

SANTOSA, GORBY AKBAR (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) MELALUI PROGRAM KFC MUSIC HIT LIST ( Studi Deskriptif tentang Strategi Komunikasi Pemasaran KFC melalui Program KFC Music Hit List dengan menggunakan endorser SMASH). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02920.pdf

Download (223Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02920.pdf

Download (251Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02920.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1370Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02920.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02920.pdf

Download (1726Kb)

Abstract

KFC menggunakan musik sebagai media penyalur pesan kepada pelanggannya. Konsistensi KFC dalam melakukan program KFC Music Hit List merupakan cara baru dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran untuk perusahaan yang bergerak di bisnis jasa restoran. Dimulai pada tahun 2007 KFC membuat sebuah program baru sebagai alat untuk melakukan strategi komunikasi pemasaran. Program baru tersebut diberi nama KFC Music Hit List, dengan menciptakan menu baru yang disecut Combo Hit List. Program KFC Music Hit List juga merupakan sebuah rangkaian program dalam peremajaan brand yang dilakukan oleh KFC. Setelah sukses dengan mengorbitkan artis-artis pendatang baru, KFC melakkan kerjasama dengan artis-artis besar seperti Cinta Laura, Agnes Monica, dan kini bekerjasama dengan SMASH lewat peluncuran album perdana SMASH. Selain itu KFC juga menggunakan SMASH sebagai endorser untuk menyampaikan pesan KFC yang berisikan KFC sebagai sebuah restoran yang memilii nilai gaya hidup anak muda. Hal tersebut yang kemudian membuat penulis tertarik untuk membuat sebuah penelitian yang berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Kentucky Fried Chicken (KFC) Melalui Program KFC Music Hit List (Studi Deskriptif tentang Strategi Komunikasi Pemasaran KFC melalui Program KFC Music Hit List dengan menggunakan endorser SMASH). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi deskriptif kualitatif. Penelitian ini memaparkan bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan KFC dalam menjalankan program KFC Music Hit List, dan mengapa SMASH yang menjadi endorsernya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang dilakukan di KFC pusat di Jakarta oleh pihak marketing yaitu Bapak Nofrizal. Dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi komunikasi pemasaran KFC Music Hit List berhasil memberikan sebuah citra baru bagi brand KFC yang awalnya hanyalah sebuah restoran cepat saji untuk keluarga, berubah menjadi sebuah restoran cepat saji yang mempunyai nilai gaya hidup sehingga disukai anak muda, dan KFC meraih banyak penghargaan top brand di kalangan anak muda. SMASH sebagai endorser juga selain meningkatkan citra dari KFC sebagai citra yang berani tampil beda, juga berhasil memberikan banyak dampak positif bagi anak muda untuk berhasil seperti idolanya yaitu SMASH.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, musik, KFC.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 10:52
Last Modified: 01 May 2013 11:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item