PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN PADA DESAIN KEMASAN COKELAT MONGGO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Eksplanatif Kuantitatif terhadap Pengunjung Pusat Oleh - Oleh Mirota Batik Malioboro Yogyakarta)

RESPATI, NOVIANA PUTRI (2012) PENGARUH TINGKAT KETERTARIKAN PADA DESAIN KEMASAN COKELAT MONGGO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Eksplanatif Kuantitatif terhadap Pengunjung Pusat Oleh - Oleh Mirota Batik Malioboro Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02996.pdf

Download (1746Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02996.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24Mb)
[img] Text (Bab II)
2KOMo2996.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02996.pdf

Download (368Kb)

Abstract

Sebuah kemasan lebih dari sekedar wadah, kemasan adalah komunikator yang konstan dan alat yang efektif untuk memberi pesan kepada audiens dan pengingat merek yang kuat (Burnett 2006:74). Maraknya supermarket dan toko yang menggunakan jasa self-service menyebabkan keputusan pembelian dilakukan di tempat membeli produk (Belch, 1990:60) sehingga desain kemasan berperan penting untuk dapat menarik perhatian pembeli. Secara keseluruhan desain kemasan harus memiliki daya tarik. Bauran dari berbagai faktor fungsional meliputi daya tarik praktis dan daya tarik visual yang merupakan inti dalam rancangan suatu kemasan yang menjual (Wirya, 1999:13) Penelitian ini membahas tentang pengaruh tingkat ketertarikan desain kemasan cokelat Monggo terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menjelaskan pengaruh antara variabel. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 82 pengunjung pusat oleh-oleh Mirota Batik Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mensyaratkan responden yang telah melihat desain kemasan cokelat Monggo. Ketertarikan terhadap desain kemasan dibagi menjadi beberapa dimensi yaitu dimensi visual, dimensi praktis dan dimensi informasi. Sedangkan variabel persepsi harga dan display produk diambil sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan pada dimensi visual, praktis dan informasi desain kemasan cokelat Monggo masuk pada kategori tinggi. Hasil penelitian memperlihatkan tingkat ketertarikan pada desain kemasan mempengaruhi minat beli produk sebesar 51,5% dan bertambah hingga 55% jika bersamaan dengan variabel persepsi harga. Sedangkan variabel kontrol lainnya yaitu display produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Masyarakat yang terus berubah akan memiliki pengaruh terhadap perkembangan desain kemasan masa mendatang. Peneliti menilai faktor lain seperti gaya hidup masyarakat yang terus berubah dan perbedaan nilai yang dimiliki beberapa segmen masyarakat merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat beli dan ketertarikan pada desain kemasan. Hal tersebut diharapkan mendorong penelitian berikutnya untuk dapat mengkaji lebih dalam lagi mengenai elemen tersebut terhadap tingkat ketertarikan terhadap desain kemasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Desain kemasan, Harga, Display Produk, Minat beli
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 12:34
Last Modified: 01 May 2013 11:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item