KUALITAS MEDIA RELATIONS PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK BERDASARKAN EMPAT DIMENSI ORGANIZATIONPUBLIC RELATIONSHIPS: CONTROL MUTUALITY, TRUST, SATISFACTION, DAN COMMITMENT

NAIPOSPOS, DEWI ANGGRAENI PUSPITASARI (2014) KUALITAS MEDIA RELATIONS PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK BERDASARKAN EMPAT DIMENSI ORGANIZATIONPUBLIC RELATIONSHIPS: CONTROL MUTUALITY, TRUST, SATISFACTION, DAN COMMITMENT. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Media relations merupakan salah satu aktivitas penting PR. Mengetahui kualitas media relations sebuah organisasi, dapat digunakan empat dimensi Organization- Public Relationships (OPR), yaitu control mutuality, trust, satisfaction, dan commitment. PT Garuda Indonesia merupakan sebuah organisasi besar yang menempatkan PR dalam Divisi Corporate Communication dan langsung berada dibawah Direktur Utama. Empat media yang intens berelasi dengan PT Garuda Indonesia dan disebut mainstream, yakni Kompas, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, dan Investor Daily. Keempat dimensi OPR oleh empat media tersebut mendapatkan hasil yang beragam. Menurut Kompas dan Bisnis Indonesia, dimensi control mutuality terpenuhi, sedangkan menurut Media Indonesia dan Investor Daily tidak terpenuhi. Dimensi trust menurut Kompas, Bisnis Indonesia, dan Investor Daily terpenuhi, sedangkan bagi Media Indonesia tidak terpenuhi. Dimensi satisfaction menurut empat media tidak terpenuhi. Dimensi commitment menurut Kompas, Bisnis Indonesia, dan Investor Daily terpenuhi, sedangkan menurut Media Indonesia tidak terpenuhi. Dari pemaparan singkat ini dapat disimpulkan bahwa tidak semua dimensi OPR terpenuhi dalam setiap media. Kualitas media relations sebuah organisasi dapat dikatakan tercapai bila memenuhi empat dimensi OPR tersebut. Adapun dimensi lain yang menurut empat media perlu ditambahkan selain empat dimensi OPR ketika hendak menentukan kualitas media relations sebuah organisasi, yakni dimensi etika. Selain menampilkan lima dimensi tersebut, jenis relasi yang terjalin antara PT Garuda Indonesia dengan empat media cetak nasional ini adalah relasi pertukaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas relasi, media relations, Organization-Public Relationships, dan etika.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2014 08:28
Last Modified: 18 Jun 2014 08:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item View Item