PENGARUH PEMBERITAAN KONFLIK DI MEDIA ONLINE TERHADAP SIKAP NASIONALISME (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Pemberitaan Konflik Penangkapan Petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan Oleh Petugas Malaysia di Media Online terhadap Sikap Nasionalisme Blogger di Yogyakarta)

Dita, Luciana (2012) PENGARUH PEMBERITAAN KONFLIK DI MEDIA ONLINE TERHADAP SIKAP NASIONALISME (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Pemberitaan Konflik Penangkapan Petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan Oleh Petugas Malaysia di Media Online terhadap Sikap Nasionalisme Blogger di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judull)
0KOM03046.pdf

Download (3322Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03046.pdf

Download (251Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2058Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6Mb)

Abstract

Nasionalisme adalah suatu paham, yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan. Nasionalisme merupakan faktor penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberitaan konflik penangkapan petugas kementerian kelautan dan perikanan oleh petugas Malaysia di media online terhadap sikap nasionalisme blogger di Yogyakarta. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan berita berpengaruh positif signifikan terhadap sikap nasionalime blogger. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin tinggi terpaan pemberitaan maka nasionalismenya juga akan semakin meningkat. Hal ini berarti bahwa efek media massa dapat mempengaruhi sikap nasionalismenya. Temuan yang lain yakni diketahui bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara terpaan berita terhadap sikap nasionalime blogger pada tingkat pendidikan yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan bahwa seorang individu yang semakin tinggi tingkat pendidikannya maka intelektualitasnya dan semakin selektif, sehingga jika ada suatu stimulus tidak serta merta langsung dipercaya akan tetapi akan melalui proses evaluasi atau pertimbangan-pertimbangan yang akhirnya baru bisa diputuskan untuk menerima atau tidak informasi tersebut. Sedangkan, pengaruh antara terpaan berita terhadap sikap nasionalime blogger pada responden dengan tingkat pengetahuan rendah maupun tinggi ternyata sama atau tidak ada perbedaan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan berita berpengaruh positif signifikan terhadap sikap nasionalime blogger dan pengaruh terpaan berita terhadap sikap nasionalime blogger dikontrol oleh pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan berita, sikap nasionalisme, blogger
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 12:44
Last Modified: 01 May 2013 10:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item