KARAKTERISTIK PENULISAN PESAN DALAM NASKAH HUMAS UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus mengenai Naskah Humas di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa)

ANGLAINA, AJENG AYU (2012) KARAKTERISTIK PENULISAN PESAN DALAM NASKAH HUMAS UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus mengenai Naskah Humas di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03062.pdf

Download (1274Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03062.pdf

Download (252Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1002Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03062.pdf

Download (93Mb)

Abstract

Citra yang ingin dibentuk oleh SMY adalah Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa adalah Hotel bintang 5 di bawah naungan manajemen Starwood sehingga menjadi Hotel yang eksklusif tapi tetap bisa membaurkan diri dalam lingkup tradisional dari segi interior yang dihadirkan. Untuk mempertahankan dan membangun citra yang diinginkan perusahaan, Humas SMY melakukan komunikasi dengan public relations writing antara lain berupa Press Release, Newsletter, Corporat Advertising, Company Profile, Articel and editorial, Annual report. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pesan dalam penulisan naskah humas untuk mempertahankan citra perusahaan yang dibuat Public Relations Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa. Metode pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan observasi partidipatif dan wawancara secara mendalam dengan subjek yang dipilih sebagai narasumber. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan cara sebagai berikut : data dari hasil interview dan observasi yang terkumpul diinterpretasikan, dianalisis dan kemudian diambil kesimpulannya. Hasil pengumpulan data dan analisis dalam penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pesan yang disampaikan Humas Sheraton Mustika Yogyakarta Hotel & Spa mempunyai karakteristik khusus yang berbeda dengan pesan-pesan yang disampaikan humas hotel lain, karena sebagai hotel yang masuk dalam link Sheraton yang berada di bawah manajemen Starwood telah memiliki syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah diatur secara detail dalam starwoodassetlibrary.com; (2) penulisan naskah humas SMY dirancang dengan mempertimbangkan citra yang ingin dibangun, sasaran/target audience, media yang digunakan, maupun komunikator yang menyampaikan pesan; (3) citra yang ingin dibentuk Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa adalah Hotel bintang 5 di bawah naungan manajemen Starwood sehingga menjadi Hotel yang eksklusif tapi tetap bisa membaurkan diri dalam lingkup tradisional dari segi interior yang dihadirkan dan untuk membangun citra ini Humas SMY melakukan komunikasi dan kerjasama dengan media massa dan membuat produk-produk public relations writing berupa Press Release, Newsletter, Corporat Advertising, Company Profile, Articel and editorial, Annual report yang isi pesannya sesuai standard yang ditentukan oleh Starwood; (4) adanya aturan yang baku dan harus ditaati seluruh property di bawah Starwood memberikan dampak, bahwa PR dan desain grafis tidak bisa mengembangkan kreatifitas secara maksimal sehingga publisitas terkesan formal dan senada, sehingga kurang variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik pesan, naskah humas, citra.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 12:53
Last Modified: 01 May 2013 09:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item