KOPONG, FRANSISKUS XAVERIUS D. YOURGEN (2014) POLA HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK KAMERA DIGITAL SINGLE LENS REFLEX (Path Analysis terhadap Fotografer di Yogyakarta dalam Membeli Kamera Digital Single Lens Reflex Canon dan Nikon). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-12.
|
Text
JURNAL ILMIAH_Fx. D. YOURGEN KOPONG (100904092).pdf Download (727kB) | Preview |
Abstract
Seorang konsumen dalam menentukan barang atau jasa yang akan digunakan dan dibelinya dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari diri konsumen atau dari luar diri konsumen yang secara tidak langsung ikut mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan dari faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk kamera DSLR di kalangan fotografer Yogyakarta. Beberapa teori yang digunakan dan relevan dengan penelitian ini diantaranya adalah teori hierarki kebutuhan dan perilaku konsumen (Nugroho, 2003), serta beberapa konsep mengenai brand (Aaker, 1991), brand awareness (Aaker, 1997) dan keputusan pembelian konsumen (Tjiptono, 2002). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui survey, sedangkan untuk penelitiannya adalah penelitian kuantitatif. Data primer yang didapat melalui pembagian kuesioner kepada masing-masing 50 responden pada setiap merek yang diuji yakni Canon dan Nikon sedangkan untuk data sekunder di dapat melalui buku dan website. Metode pengukuran data yang digunakan peneliti adalah skala guttman, semantic differential dan skala likert. Untuk metode analisis data adalah analisis deskriptif, analisis linier berganda dan path analysisis. Berdasarkan data dan uji pengaruh terbukti bahwa terdapat perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi seorang fotografer Canon dan Nikon ketika membeli kamera DSLR. Di mana hubungan antara variabel jenis sumber informasi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kamera DSLR pada fotografer Canon sedangkan variabel brand awareness dan motif pembelian serta variabel yang mempengaruhi di dalamnya yakni variabel kualitas merek dan kebutuhan pekerjaan terbukti mempengaruhi keputusan pembelian kamera DSLR Canon. Sebaliknya pada responden Nikon, variabel motif pembelian tidak signifikan hubungannya terhadap keputusan pembelian walaupun variabel kualitas merek dan kebutuhan pekerjaan mempengaruhi tingkat motif pembelian. Sedangkan dua variabel yakni variabel brand awareness dan jenis sumber informasi mempengaruhi keputusan pembelian kamera DSLR pada fotografer Nikon.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Canon, Nikon, Fotografer, brand awareness, keputusan pembelian |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 09:40 |
Last Modified: | 20 Jun 2014 09:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5301 |
Actions (login required)
View Item |