STRATEGI PESAN PADA WEBSITE DALAM MEMBANGUN CITRA PEDULI KEPADA MASYARAKAT DI PT. AIR MANCUR

Errivanh, Rini (2014) STRATEGI PESAN PADA WEBSITE DALAM MEMBANGUN CITRA PEDULI KEPADA MASYARAKAT DI PT. AIR MANCUR. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Komunikasi yang sangat multi makna pasti akan memberikan banyak sumbangan pengetahuan baru yang bisa menambah wawasan yang berbeda pada tiap individu yang menerima pesan tersebut. Berangkat dari sebuah perbedaan yang bisa diterima tiap individu dalam menerima pesan, strategi pesan akan sangat membantu dalam proses penyampaian pesan agar bisa sampai ke komunikan sesuai harapan dari komunikator. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pesan pada website PT. Air Mancur dalam membangun citra corporate. Citra perusahaan adalah adanya persepsi (yang berkembang dalam benak publik) terhadap realitas (yang muncul dalam media atau pengalaman) (Wasesa 2005 : 13). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa pemanfaatan new media yaitu website yang dilakukan oleh perusahaan tidak lepas dari penyusunan pesan yang harus diperhatikan secara baik agar pesan yang dihasilkan bisa sesuai dengan tujuan dan harapan perusahaan. Dengan memperhatikan dan menjalankan teori yang dikemukakan oleh Cutlip, Center dan Broom (2004:424) dalam 7(tujuh) prinsip yang harus dipegang untuk menilai kualitas tulisan yang baik perusahaan harus memperhatikan tulisan yang baik untuk bisa menghasilkan pesan yang maksimal dan berdampak baik bagi citra perusahaan. Website merupakan media publikasi baru yang bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet. Dalam pemilihan warna pada media website juga harus diperhatikan perusahaan karena pemilihan warna cukup berdampak penting pada kesan yang akan dimunculkan. Hasil pengumpulan data dan analisis dalam penelitian ini melakukan strategi pesan informatif dan edukatif untuk membangun citra peduli pada masyarakat. Dalam pembuatan strategi ini perusahaan menampilkan pesan yang berfokus pada konsep herbal yang dibawa oleh perusahaan untuk menjangkau masyarakat global. Perusahaan PT. Air Mancur dalam membangun citra peduli pada masyarakat menyajikan laman website yang mengacu pada pembahasan seputar tanaman herbal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pesan, Website, Herbal, Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jun 2014 10:18
Last Modified: 23 Jun 2014 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item