YAHONO, RENNY LIA (2014) STRATEGI PENCITRAAN KANDIDAT EDDY RUMPOKO PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KOTA BATU ( Penelitian Deskriptif Kualitatif Strategi Pencitraan Kandidat Eddy Rumpoko Pasca Isu Ijazah Palsu Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Batu Periode 2012 – 2017 ). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.
|
Text
JURNAL_RENNY LIA YAHONO.pdf Download (729kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan public relations saat ini terus menjadi salah satu bidang yang sangat dinamis dalam kehidupan berorganisasi di seluruh dunia. Keberadaannya tidak lagi dibutuhkan oleh organisasi profit saja, namun organisasi non profit. Profesi PR dalam organisasi non profit dilakukan dalam sebuah keanggotaan politik, dukungan keuangan dan sebagainya. Public relations tidak hanya dibutuhkan pada tataran organisasi saja. Namun dewasa ini PR dibutuhkan untuk membangun citra positif para tokoh yang bersaing dalam pemilihan umum kepala daerah. Upaya membangun citra positif yang dilakukan oleh PR dengan merancang sebuah strategi pencitraan. Strategi pencitraan merupakan suatu proses atau cara bertindak yang dilakukan secara sadar, terencana dan sistematis untuk membentuk gambaran diri atau lembaganya dibenak khalayak dengan memberikan informasi secara langsung atau melalui media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pencitraan yang dilakukan oleh tim sukses terhadap kandidat Eddy Rumpoko pasca isu ijazah palsu serta dapat mengidentifikasi tahap-tahap dalam proses strategi pencitraan yang dilakukan dalam pemilukada di Kota Batu periode 2012 – 2017. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Batu. Subyek penelitian ini mengarah pada sasaran yang diteliti yaitu tim sukses yang juga disebut sebagai tim pemenangan pemilukada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam melakukan implementasi strategi pencitraan kandidat Eddy Rumpoko pasca isu ijazah palsu tersebut maka tidak hanya strategi pencitraan saja yang dilakukan namun peran strategis kandidat mempunyai peran besar dalam memenangkan pemilukada di Kota Batu. Kemudian tahapan-tahapan dalam proses pencitraan dapat dilihat pada aspekaspek yaitu keberadaan pemimpin politik, merawat ketokohan dan memantapkan kelembagaan, menciptakan kebersamaan serta membangun konsensus.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pencitraan, Public Relations Politik, Pemilukada |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 12:32 |
Last Modified: | 23 Jun 2014 12:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5321 |
Actions (login required)
View Item |