Positioning Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Studi Deskriptif Kuantitatif mengenai Peta Persepsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Benak Siswa SMA yang Menyelenggarakan Expo Pendidikan di Kota Yogyakarta)

WIDYANINGRUM, M.M.ENDAH (2014) Positioning Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Studi Deskriptif Kuantitatif mengenai Peta Persepsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Benak Siswa SMA yang Menyelenggarakan Expo Pendidikan di Kota Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-13.

[img]
Preview
Text
Jurnal-Positioning UAJY-.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi di Yogyakarta, khususnya universitas, menimbulkan persaingan tersendiri di antara universitas-universitas tersebut. Terdapat 21 universitas di Yogyakarta, negeri dan swasta. Penelitian ini ingin mengetahui peta persepsi UAJY,USD,UKDW,UPN,UMY,dan UII di SMA yang menyelenggarakan expo di kota Yogyakarta. Teori yang digunakan meliputi teori persepsi, positioning, dan komunikasi pemasaran. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner berskala semantic differential dan disebarkan kepada 104 responden. Responden berasal dari 5 SMA di Yogyakarta yang pernah dijadikan lokasi kegiatan expo UAJY. Tujuh atribut digunakan untuk membantu responden memberikan persepsinya terhadap 6 universitas. Atribut kelengkapan fakultas dan program studi, atribut biaya, atribut akreditasi, atribut kualitas dosen, mahasiswa, dan alumni, atribut fasilitas, atribut ketersediaan beasiswa, dan atribut lingkungan sosial. Ketujuh atribut akan dimampatkan dengan menggunakan analisis faktor untuk mempermudah analisis. Kemudian perceptual mapping dibuat dengan menggunakan analisis skala multidimensional tipe preferensi compensatory. Perceptual mapping dibuat satu dimensi berdasarkan analisis faktor. Pada peta terlihat bahwa UAJY bersaing ketat dengan USD, sedangkan UMY menjadi pesaing terjauh. Posisi universitas pada peta persepsi terlihat mengelompok, dapat digolongkan kelompok universitas kristiani (UAJY,USD, dan UKDW), universitas swasta nasional (UPN), dan kelompok universitas Islam (UMY dan UII). Peta persepsi menunjukkan preferensi audience terhadap lima universitas, urutan ranking universitas yang paling dekat atau diinginkan oleh responden adalah UAJY, USD, UKDW, UPN, UMY, dan UII.Berdasarkan posisi tersebut dan nilai rata-rata atribut yang didapat, UAJY dapat menonjolkan lingkungan sosial dan atau fasilitas sebagai positioning universitas karena atribut-atrbut tersebut dinilai lebih baik dibanding universitas-universitas pembanding. Saran diberikan peneliti apabila penelitian ini akan dilanjutkan, penelitian dapat dilakukan dengan jenis penelitian yang dipakai selanjutnya bukan lagi deskriptif (penggambaran) tetapi dapat menggunakan eksplanatif atau bahkan eksploratif supaya positioning UAJY yang terbentuk pada benak audience dapat digali dan dijelaskan lebih dalam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Positioning, persepsi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, komunikasi pemasaran
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jun 2014 08:53
Last Modified: 24 Jun 2014 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item