Setiawan, Cornelius Ardiantino (2014) POLA INTERAKSI ANTAR-GAMERS DALAM GAME ONLINE (Analisis Deskriptif tentang Pola Interaksi Antar-Gamers dalam Menggunakan Fitur Chatting pada Game Online Atlantica). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-10.
|
Text
Journal.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Journal.pdf Download (529kB) | Preview |
Abstract
Interaksi sangat lekat pada kehidupan manusia sehari-hari. Interaksi selalu terjadi dimanapun dan kapanpun tidak terkecuali di dunia game terutama game online. Atlantica online merupakan salah satu game online yang sangat sering terjadi interaksi antarpemain dalam game. Interaksi di dalam dunia game dapat terjadi denggan adanya fitur chatting di mana setiap pemainnya dapat mengakses secara bebas dan mudah untuk berinteraksi dengan orang lain di dalam game. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya interaksi di dalam game online atlantica, seperti pemenuhan kebutuhan akan informasi mengenai game, transaksi jual beli, dan faktor kejenuhan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi sosial untuk melihat pola interaksi yang terbentuk diantara para pemain game online atlantica. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Empat narasumber dengan level karakter 150 – 160 dipilih sebagai subyek penelitian. Pada teknik anilisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan Conclusion Drawing and Verification. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan dua pola interaksi yang digunakan oleh para pemain. Dua pola interaksi tersebut adalah pola interaksi dua arah dan pola interaksi banyak arah. Pola interaksi tersebut terbentuk melalui bagaimana pemain dalam game melakukan interaksi dengan pemain lain. Kedua pola interaksi tersebut memiliki karateristik yang berbeda pada masing-masing pola sehingga pemain dapat memilih mana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Pola pertama bersifat privat dimana hanya dua orang yang berinteraksi saja yang mengetahui informasi dari hasil interaksi tersebut, sedangkan pola interaksi yang kedua lebih umum karena dilakukan secara kelompok dan informasi dapat diketahui oleh seluruh anggota kelompok. Kesimpilan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa setiap pemain pasti memiliki kebuthan akan informasi terhadap game yang dimainkan. Kebutuhan yang dimaksud seperti kebutuhan akan informasi mengenai game, transaksi jual beli dalam game, dan kejenuhan dalam bermain. Kebutuhankebutuhan tersebut akan terpenuhi ketika pemain melakukan interaksi dengan pemain lain dalam game.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi, pola interaksi , game online |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 12:35 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 12:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5331 |
Actions (login required)
View Item |