SULISTYANINGTYAS, FEBRONIA MEDA (2014) PERANAN HOTEL BINTANG EMPAT DI SURAKARTA DALAM MEMBENTUK POSITIONING KOTA SURAKARTA MELALUI CITY BRANDING SOLO THE SPIRIT OF JAVA. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.
|
Text
Jurnal.pdf Download (873kB) | Preview |
Abstract
Hotel bintang empat di Kota Surakarta merupakan jenis hotel yang paling banyak menjadi pilihan tempat menginap khusunya untuk wisatawan mancanegara padahal jumlah hotel bintang ini hanya 4% dari total keselurahan jumlah penginapan yang ada di Kota Surakarta. The Sunan Hotel Solo merupakan salah satu hotel berbintang empat yang saat ini menjadi hotel yang paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk menginap. Melihat kondisi seperti ini, maka hotel berbintang empat mempunyai peran yang strategis untuk membantu menguatkan positioning Kota Surakarta. Kota Surakarta ingin membentuk positioning menjadi Kota Budaya seperti yang tertuang didalam visi dan misi Kota Surakarta dan dijabarkan lebih luas didalam visi dan misi Walikota. Semangat The Spirit of Java yang menjadi branding Solo Raya dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Surakarta untk menguatkan image Kota Budaya yang ingin dibentuk. Mengupayakan agar city branding tersebut berhasil dan positioning Kota Budaya berhasil di Kota Surakarta maka peran stakeholder juga sangat dibutuhkan, dalam penelitian ini stakeholder yang dimaksud adalah hotel berbintang empat. Penelitian ini menggunakan teori peran dan gabungan dari beberapa teori mengenai city branding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (deskriptif). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dari hotel bintang empat di Surakarta yang dalam hal ini diwakilkan oleh The Sunan Hotel solo yang dilakukan sebagai salah satu stakeholder Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka turut menguatkan postioning Kota Surakarta sebagai Kota Budaya melalui semangat Solo The Spirit of Java sebagai branding dari Solo Raya. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan tentang proses city branding Solo The Spirit of Java. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hotel bintang empat di Surakarta, yaitu The Sunan Hotel yang merupakan hotel independent tidak menggantungkan hidupnya pada Pemerintah Kota surakarta mempunyai caranya sendiri untuk mendatangkan wisatawan ke Kota Surakarta yang berlawanan dengan keinginan Pemerintak Kota Surakarta. Melalui penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa hotel bintang empat di Surakarta tidak mengutamakan unsur budaya dalam pengemasan hotelnya karena image budaya yang ingin dibentuk oleh Pemerintah Kota surakarta dinilai belum mampu mendatangkan wisatawan. Namun demikian hotel di Surakarta tetap menggunakan unsur budaya yang ada di Kota surakarta sebagai pelengkap atau penunjang dalam mengemas kegiatan yang ada di hotelnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Peran Stakeholder, Positioning, Doktrin brand Strategy |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 08:12 |
Last Modified: | 25 Jun 2014 08:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5335 |
Actions (login required)
View Item |