STRATEGI DAN PELAKSANAAN CUSTOMER RELATIONS UNTUK MENDUKUNG KEPUASAN PENGECER BIG COLA DI SLEMAN TAHUN 2012

Susanti, Irmina (2012) STRATEGI DAN PELAKSANAAN CUSTOMER RELATIONS UNTUK MENDUKUNG KEPUASAN PENGECER BIG COLA DI SLEMAN TAHUN 2012. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03128.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
1KOM03128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM03128.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Sebagai perusahaan yang tergolong masih baru di Indonesia, Big Cola mengharapkan mendapatkan dukungan yang berarti dari para pengecer agar menjadi bagian dari jaringan distribusi Big Cola, sehingga produk ini akan dapat merebut pangsa pasar yang ada. Dukungan tersebut akan didapatkan jika perusahaan mampu memenuhi harapan pengecer, kepanjangan tangan jaringan distribusi, sehingga pengecer akan mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan menjual merk lainnya dari produk sejenis atau dengan kata lain perusahaan mampu memberikan kepuasan kepada pengecer. Upaya ini bisa dilakukan dengan menerapkan strategi customer relations marketing melalui aktivitas customer relations. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan pelaksanaan program customer relations yang dijalankan Public Relations perusahaan untuk mendukung kepuasan pengecer agar loyal menjual Big Cola di Sleman 2012. Penelitian ini berusaha menjelaskan strategi dan pelaksanaan program customer relations Big Cola dalam meningkatkan kepuasan retailer agar loyal menjual Big Cola di Sleman. Program customer relations Big Cola akan dikaji dengan pendekatan aktivitas komunikasi PR berdasarkan aspek-aspek: financial bonds, social bonds, customization bonds, dan structural bonds. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data dinyatakan dalam bentuk simbolik seperti pertanyaan-pertanyaan, tafsiran, tanggapantanggapan lisan harafiah, tanggapan non verbal (tidak berupa ucapan lisan). Proses pengumpulan data dan analisis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) strategi komunikasi PR PT AJE Indonesia dilakukan dengan proses-proses: pendefinisian problem, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi, serta mengevaluasi program, (2) kegiatan customer relations yang dilakukan PR PT. AJE Indonesia diimplementasikan dalam bentuk pelayanan yang baik kepada pengecer sehingga pengecer merasa senang dan loyal menjual Big Cola, (3) PR PT. AJE Indonesia dalam kegiatan customer relations dengan pengecer dilakukan melalui kegiatan-kegiatan komunikasi perusahaan kepada pengecer, misalnya: melalui acara gathering dan reward, pemecahan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi pengecer melalui salesman, dan sebagainya, (4) meskipun secara umum pelayanan kepada pengecer sudah baik, namun ada pengecer yang merasa kurang mendapatkan perhatian karena adanya perbedaan perlakuan dengan toko waralaba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, pelaksanaan, customer relations, kepuasan pengecer.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 13:18
Last Modified: 01 May 2013 12:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item