Pengaruh Terpaan Rubrik “Body” di Majalah Gogirl! Terhadap Perilaku Hidup Sehat Remaja Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Pengaruh Terpaan Rubrik “Body” di Majalah Gogirl! Terhadap Perilaku Hidup Sehat Remaja di Yogyakarta)

Devi, Aloysia Nindyana Carissa (2014) Pengaruh Terpaan Rubrik “Body” di Majalah Gogirl! Terhadap Perilaku Hidup Sehat Remaja Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Pengaruh Terpaan Rubrik “Body” di Majalah Gogirl! Terhadap Perilaku Hidup Sehat Remaja di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-12.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (764Kb)

Abstract

Perkembangan media massa yang sangat pesat, mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri, bahwa dewasa ini media massa telah merajai seluruh lapisan masyarakat melalui informasi yang disampaikan secara global. Majalah, sebagai salah satu bentuk media massa yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, memiliki beragam aspek yang menjadi satu dengan kehidupan. Majalah dikonsumsi oleh target pembaca tertentu yang telah tersegmentasi, sehingga konten yang ada di dalamnya menjadi tepat sasaran. Faktor pengaruh media massa ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa majalah untuk mempengaruhi pembacanya melalui rubrik-rubrik yang mereka hadirkan. Dengan pembaca yang tersegmentasi, majalah akan dengan mudah menyampaikan informasi dan mempengaruhi pembacanya. Dalam hal ini, salah satunya adalah majalah Gogirl! yang memiliki segmentasi pembaca remaja. Melalui rubrik “Body”, majalah Gogirl! ingin mempengaruhi pembaca remaja untuk menjalani perilaku hidup sehat. Dalam penelitian ini, diukur sejauh mana majalah Gogirl! mampu mempengaruhi perilaku hidup sehat remaja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu riset yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah metode deskriptif, yang bertujuan menggambarkan secara tepat sifat suatu individu, keadaan, atau gejala tertentu untuk menentukan frekuensi atau penyebaran suatu gejala dalam masyarakat. Sehingga dapat diketahui, apakah rubrik “Body” pada majalah Gogirl! berpengaruh terhadap perilaku hidup sehat remaja. Pada akhirnya, majalah sebagai salah satu bentuk media massa memang dinilai berpengaruh terhadap pembacanya yang tersegmentasi, melalui rubrik yang mereka hadirkan. Oleh karena itu, sudah selayaknya majalah menyampaikan informasi sesuai dengan target pembaca yang mereka sasar, sehingga informasi yang disampaikan tersebut akan tepat sasaran dan mempengaruhi kehidupan pembacanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media massa, terpaan media, majalah, pengaruh media
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jun 2014 09:38
Last Modified: 25 Jun 2014 09:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item