KUALITAS CUSTOMER RELATIONS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

WIDYASTUTI, NUNGKY HAPSARI (2014) KUALITAS CUSTOMER RELATIONS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-16.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Customer relations adalah jembatan antara perusahaan dengan pelanggan atau konsumen yang telah memiliki loyalitas. Kegiatan customer relations memiliki kaitan yang erat dengan kinerja public relations. Hubungan pelanggan tersebut mengacu pada hubungan yang bersifat positif antara organisasi dengan pelanggan. PLN sebagai perusahaan penyedia jasa listrik, dalam menjalankan kegiatannya tentu saja tidak hanya mementingkan sisi komersial, namun juga memperhatikan sisi hubungan dengan pelanggan. Peneliti tertarik untuk meneliti mengenai kualitas hubungan pelanggan antara PLN dengan pelanggan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga mengkonsumsi listrik. Penelitian ini menggunakan penelitian bersifat deskriptif dengan jenis kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini dipilih karena melalui penelitian ini dapat dipahami mengenai masalah dan mengeksplorasi permasalahan yang terjadi antara PLN dengan pelanggan dengan cara mengumpulkan data yang spesifik dari pelanggan karena pelanggan berpartisipasi secara aktif dalam pengumpulan data. Pada akhirnya, kualitas customer relations berbeda-beda menurut partisipan. Indikator control mutuality, trust, satisfaction, dan commitment yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini tidak dapat terpenuhi untuk partisipan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: BUMN, Customer Relations, Indikator Kesuksesan Hubungan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jun 2014 11:19
Last Modified: 25 Jun 2014 11:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5346

Actions (login required)

View Item View Item