PENDEKATAN KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PRAKTIK JURNALISME WARGA DI RADIO KOMUNITAS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pendekatan Komunikasi Partisipatif dalam Praktik Jurnalisme Warga terhadap Informasi Tanggap Bencana di Radio Komunitas Lintas Merapi)

DESIDERIA, BENEDIKTA (2012) PENDEKATAN KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PRAKTIK JURNALISME WARGA DI RADIO KOMUNITAS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pendekatan Komunikasi Partisipatif dalam Praktik Jurnalisme Warga terhadap Informasi Tanggap Bencana di Radio Komunitas Lintas Merapi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03167.pdf

Download (2392Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03167.pdf

Download (316Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03167.pdf

Download (1174Kb)

Abstract

Praktik jurnalisme warga kini makin marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pelaksanaan praktik jurnalisme warga tidak hanya dilakukan lewat media massa namun praktik ini dapat dilakukan di media komunitas. Nazarudin (dalam penelitian “Jurnalisme Warga dalam Media Komunitas”) menyebutkan bahwa media komunitas merupakan tempat kondusif bagi penerapan jurnalisme warga. Salah satu media komunitas yang murah dan dapat dengan cepat menyebarkan informasi adalah radio. Radio komunitas digunakan oleh warga Desa Sidorejo dan sekitarnya sebagai media informasi dan hiburan dengan nama Radio Komunitas Lintas Merapi. Informasi utama yang disajikan di radio ini adalah mengenai aktivitas Gunung Merapi dan hal lain terkait dengan informasi tanggap bencana. Informasi mengenai Gunung Merapi berasal dari kru Lintas Merapi dan warga maupun pendengar radio ini. Meskipun belum banyak warga maupun pendengar yang berpartisipasi namun informasi dari beberapa orang mampu memberikan keragaman informasi mengenai Merapi. Informasi warga maupun pendengar dapat membuat pendengar Radio Komunitas Lintas Merapi tanggap terhadap bencana sehingga mereka siap siaga dalam menghadapi bencana primer dan sekunder dari Gunung Merapi. Praktik jurnalisme warga yang dilakukan oleh Riyadi, Harto, Sutopo dan Sri Sukamti dan kru Lintas Merapi di Radio Komunitas Lintas Merapi dapat dilihat dari pendekatan komunikasi partisipatif. Melalui pendekatan ini dapat dilihat bagaimana warga maupun pendengar melibatkan diri dalam praktik jurnalisme warga dalam hal memberitahukan informasi mengenai lahar dingin, kendala dalam proses evakuasi, serta suara gemuruh di Gunung Merapi. Informasi yang diberikan dapat membantu kru Lintas Merapi menyiarkan informasi agar pendengar radio ini yang berada dalam kawasan rawan bahaya terhindar bahaya. Berdasarkan konsep partisipasi Peruzzo, komunikasi partisipatif yang ada dalam praktik jurnalisme warga di Radio Komunitas Lintas Merapi masuk dalam kategori co-management. Level dimana warga memiliki kebebasan dalam berpartisipasi namun organisasi mempunyai wewenang sendiri, sehingga tidak semua informasi tanggap bencana mengenai Gunung Merapi dari jurnalis warga dapat disiarkan di Radio Komunitas Lintas Merapi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jurnalisme warga, komunikasi partisipatif, tanggap bencana, Gunung Merapi, radio komunitas.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 13:23
Last Modified: 01 May 2013 09:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item