BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI KARYAWAN DALAM RAPAT INTERNAL MINGGUAN DI DIVISI MARKETING NASMOCO JANTI YOGYAKARTA

BR GINTING, YETRI OKTIVANI (2014) BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI KARYAWAN DALAM RAPAT INTERNAL MINGGUAN DI DIVISI MARKETING NASMOCO JANTI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03955.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03955.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03955.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rapat dalam suatu organisasi penting adanya dikarenakan rapat merupakan sarana komunikasi bagi organisasi. Rapat diperlukan untuk membahas agenda atau kegiatan yang akan dilaksanakan dengan anggota organisasi. Dalam suatu rapat, komunikasi antar karyawan sangat penting keberadaannya. Hal tersebut dikarenakan dalam rapat, pendapat-pendapat ataupun respon dari para karyawan diperlukan untuk memberikan ide atau pemikiran tentang keputusan yang akan diambil dalam rapat tersebut. Komunikasi antar karyawan dan karyawan dengan pimpinan yang terjalin dengan aktif akan menghasilkan keputusan yang sesuai dengan tujuan organisasi. Komunikasi yang terjalin tersebut dapat terjadi secara verbal dan non verbal. Oleh karena itu dalam penelitian ini terkait dengan bentuk-bentuk komunikasi karyawan yang terjalin pada saat rapat internal di divisi marketing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian studi kasus yang dilakukan dalam kasus rapat internal mingguan di Nasmoco Janti Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi karyawan marketing dalam rapat internal di divisi marketing Nasmoco Janti Yogyakarta. Harapannya adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan bagi dunia luar mengenai kasus bentuk-bentuk komunikasi karyawan yang terjalin pada saat rapat internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan suasana rapat yang formal dan assertiveness, dimana karyawannya mampu menyatakan secara langsung suatu ide atau opini secara jujur dan menunjukkkan ekspresi yang sesuai dengan perasaan yang dimiliki ketika mengikuti rapat, maka akan dapat diperlihatkan dari bentuk komunikasi yang terjadi dalam rapat tersebut, baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi verbal dalam rapat tersebut menggunakan kata-kata secara lisan dan menggunakan bahasa yang cenderung luwes dan tidak terlalu formal serta sesekali menggunakan kalimat humor. Komunikasi non verbal menunjukkan bahwa meskipun suara, ekspresi wajah, sikap badan, dan gerakan badan terlihat santai dan tidak kaku tetapi materi atau isi rapat tetap pada jalurnya dan terlihat lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rapat, komunikasi karyawan, komunikasi verbal, dan komunikasi non verbal.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2014 08:00
Last Modified: 26 Jun 2014 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item