PENGARUH TINGKAT BRAND KNOWLEDGE TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Produk Smartphone BlackBerry dan Samsung pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

WINOTO, MICHAELA TANTRI ATMADJA (2014) PENGARUH TINGKAT BRAND KNOWLEDGE TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Produk Smartphone BlackBerry dan Samsung pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-15.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, konsumen menuntut suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Smartphone sebagai kebutuhan, hal inilah yang dilihat oleh perusahaan produsen telekomunikasi sehingga smartphone berbagai merek mulai bermunculan dan bersaing secara ketat, sebut saja BlackBerry dan Samsung. Program promosi dilakukan melalui iklan baik iklan media cetak, iklan outdoor ataupun iklan media elektronik untuk memasarkan produknya. Persaingan yang ketat menjadi tantangan tersendiri bagi produsen yang direspon dengan membentuk suatu citra merek yang positif dan kuat dengan cara membangun pengetahuan merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat brand knowledge terhadap brand image smartphone BlackBerry dan Samsung, serta untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan merek yang dimiliki responden akan produk smartphone BlackBerry dan Samsung. Teori yang digunakan dalam penelitian mencakup teori periklanan dan merek yang meliputi pengetahuan merek serta citra merek. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah BlackBerry dan Samsung menggunakan media promosi berupa iklan untuk membangun brand knowledge dan menciptakan brand image. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatif, dan dikategorikan ke dalam penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dan sampel yang diambil adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang masih aktif dan menggunakan smartphone BlackBerry ataupun Samsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan cara accidental sampling. Metode pengumpulan datanya disesuaikan dengan data yang diperlukan yaitu data primer dan data sekunder. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Spearman Brown atau sering disebut dengan split half (belah dua). Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan hasil penelitian bahwa tingkat brand knowledge yang dimiliki oleh responden tidak berpengaruh secara signifikan terhadap brand image yang ada di benak konsumen. Indikator yang menunjukkan bahwa variabel brand image dipengaruhi secara signifikan oleh keseluruhan instrumen penelitian variabel tingkat brand knowledge adalah BlackBerry memiliki ciri khas produk tersendiri dan tempat penjualan Samsung yang tergolong strategis. Selain itu, interval skor dari brand knowledge yaitu antara 2,68 sampai dengan 5,34. Hasil tersebut menunjukkan tingkat pengetahuan merek responden terhadap kedua merek smartphone berada di tingkat sedang, dengan persentase rata – rata sebesar 67%. Berdasarkan hasil dan kesimpulan di atas, maka peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan brand image smartphone Blackberry dan Samsung mencari variabel lain selain brand knowledge sebagai variabel X. Hal tersebut dimaksudkan untuk melihat faktor lain yang dapat menunjukkan pengaruh lebih besar selain tingkat pengetahuan merek. Saran kedua adalah sebaiknya memperluas populasi yang akan diambil dan tidak hanya mencakup satu wilayah saja, supaya hasil analisis yang didapatkan lebih bervariasi dan memungkinkan lebih banyak item instrumen penelitian yang berpengaruh secara signifikan – sesuai dengan teori yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: brand knowledge, brand image, periklanan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2014 10:04
Last Modified: 26 Jun 2014 10:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item