Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Produk dan Tingkat Keterlibatan pada Komunitas terhadap Loyalitas Merek (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Adidas Jersey Chelsea dan Tingkat Keterlibatan pada Komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Jogja terhadap Loyalitas Merek)

AJI, ADHI NUGRAHA SAPTA (2014) Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Produk dan Tingkat Keterlibatan pada Komunitas terhadap Loyalitas Merek (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Adidas Jersey Chelsea dan Tingkat Keterlibatan pada Komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Jogja terhadap Loyalitas Merek). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03649.pdf

Download (1489Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03649.pdf

Download (436Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03649.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03649.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03649.pdf

Download (768Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Produk dan Tingkat Keterlibatan pada Komunitas terhadap Loyalitas Merek (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Adidas Jersey Chelsea dan Tingkat Keterlibatan pada Komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Jogja terhadap Loyalitas Merek). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor kepuasan pada Adidas jersey Chelsea dan keterlibatan pada komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Jogja terhadap loyalitas merek Adidas dikontrol variabel pendapatan atau uang saku per bulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dual Credibility Theory dan Co-Branding. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan studi eksplanatif. Populasi adalah komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC) Regional Jogja. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling accidental dengan responden sebanyak 72 responden. Hipotesis yang diajukan adalah; terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel tingkat kepuasan pada Adidas jersey Chelsea (X1) dan tingkat keterlibatan pada komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club (X2) terhadap loyalitas merek (Y) secara bersama-sama. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel tingkat kepuasan pada Adidas jersey Chelsea (X1) dan tingkat keterlibatan pada komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club (X2) terhadap loyalitas merek (Y) secara bersama-sama dikontrol variabel pendapatan / uang saku (Z). Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Likert dan Skala Guttman. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji validitas, semua instrument menghasilkan koefisien korelasi lebih besar dari 0,235 dinyatakan valid. Sedangkan uji reabilitas untuk semua variabel bernilai lebih dari 0,6 dan untuk semua Skala Guttman, Coefficient of Reproducibility bernilai lebih dari 0,9. Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pada Adidas jersey Chelsea (X1) dan tingkat keterlibatan pada komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas merek (Y) dengan nilai R sebesar 0,414 dengan nilai sig. 0,002 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,148. Sedangkan setelah dikontrol oleh variabel pendapatan / uang saku (Z), nilai R tingkat kepuasan pada Adidas jersey Chelsea (X1) dan tingkat keterlibatan pada komunitas Chelsea Indonesia Supporters Club (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas merek (Y) sebesar 0,501 dengan sig. 0,000 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,218. Sehingga dengan adanya variabel kontrol pendapatan / uang saku memiliki peran untuk menguatkan pengaruh dari variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Variabe Y.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dual credibility, co-branding, keterlibatan konsumen, komunitas, brand loyalty
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jun 2014 08:00
Last Modified: 27 Jun 2014 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item