PENGARUH TINGKAT KREDIBILITAS MEREK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Tingkat Kredibilitas Smartfren Terhadap Tingkat Kepuasan dan Tingkat Loyalitas Pelanggan Smartfren di Service Centre Ambarukmo Plaza Yogyakarta)

ADNYASWARI, NI PUTU PRATISTHA (2014) PENGARUH TINGKAT KREDIBILITAS MEREK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Tingkat Kredibilitas Smartfren Terhadap Tingkat Kepuasan dan Tingkat Loyalitas Pelanggan Smartfren di Service Centre Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-14.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Kredibilitas sebuah merek bisa jadi memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasaan dan loyalitas pelanggan di mana tingkat kredibilitas dari merek Smartfren dapat menjadi faktor yang bisa jadi mempengaruhi kedua hal di atas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tingkat kredibilitas merek terhadap tingkat kepuasan dan tingkat loyalitas konsumen. Variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat kredibilitas merek (X), tingkat kepuasaan pelanggan (Y1) dan tingkat loyalitas pelanggan (Y2). Teori integrasi informasi merupakan teori utama dalam pelitian ini yang menjelaskan bahwa informasi yang positif mengakibatkan adanya respon yang positif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Smartfren service centre Ambarukmu Plaza dengan jumlah sample 100 orang yang menggunakan metode pengambilan sample yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Sedangkan metode pengukuran data menggunakan skala likert dan metode pengolahan data menggunakan analisis korelasi kanonikal dan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kredibilitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,672. Selanjutnya, variabel kredibilitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi (R) sebesar 0,644. Kontribusi variabel kredibilitas merek terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar (R2) 45,1%, sedangkan kontribusi kredibilitas merek terhadap loyalitas pelanggan sebesar (R2) 41,5%. Selain itu, koefisien determinasi kredibilitas merek terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan yaitu sebesar (R2) 49,6%. Kesimpulannya adalah kredibilitas merek memiliki pengaruh yang signifikan dengan kepuasaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Pengaruh variabel kredibilitas merek akan lebih kuat terhadap kepuasaan pelanggan dan loyalitas pelanggan secara bersamaan dibandingkan ketika dengan masing-masing varibel Y. Saran untuk penelitian ini adalah meningkatkan kredibilitas Smartfren dengan cara melakukan evaluasi terhadap misalnya kinerja staff Smartfren. Disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti obyek penelitian menggunakan analisis korelasi kanonikal karena metode analisis ini masih jarang digunakan.

Item Type: Article
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jun 2014 08:30
Last Modified: 27 Jun 2014 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item