KEPEDULIAN ISU KEAMANAN PANGAN DENGAN MODEL EDUKASI KONSUMEN PADA PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (2010)

Junaedi, M.F. Shellyana and Purwaningsih, Anna and WIDIASTUTI, TH. DIAH KEPEDULIAN ISU KEAMANAN PANGAN DENGAN MODEL EDUKASI KONSUMEN PADA PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (2010). [Research]

[img] Text
EM55508.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengembangkan model edukasi konsumen terhadap keamanan bahan pangan pangan secara terintegrasi. Pendekatan edukasi konsumen yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pemberdayaan kewirausahaan Usaha Kecil Menengah yang memproduksi, memproses dan memperjualbelikan bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari dalam masyarakat. Model edukasi konsumen terhadap keamanan pangan dalam studi ini terbagi menjadi empat komponen permasalahan utama yang dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) pengembangan produk pangan ramah lingkungan antara lain dengan meningkatkan umur produk, melakukan daur ulang dan proses daur ulang, mengurangi limbah produk serta mengurangi material bahaya; 2) perusahaan yang bertanggung jawab sosial perlu memperhatikan etika bisnis, melakukan strategi distribusi dan mensosialisasikannya melalui komunikasi pemasaran terpadu; 3) masyarakat konsumen memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk suatu masyarakat yang bersahabat dengan lingkungan. Faktor demografik dan gaya hidup sebagai faktor psikografik konsumen mengindikasi tingkat pengetahuan dan kesadaran lingkungan yang semakin tinggi sehingga konsumen kurang sensitif dengan harga premium pangan yang aman; 4) peningkatan edukasi konsumen terhadap kemanan pangan melalui aktivitas pelatihan, pendampingan dan konsultasi bidang kewirausahaan yang berorientasi pada penciptaan dan pengembangan produk pangan aman yang berpotensi sebagai alternatif peluang usaha yang menguntungkan namun harus bertanggung jawab sosial. Studi ini akan mengkaji dari dua sudut pandang tentang edukasi konsumen, yaitu dari sisi masyarakat sebagai konsumen eksternal yang merupakan orang yang mengkonsumsi bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari, juga dari sisi produsen sebagai konsumen internal pengolah, pemroses dan pemasar bahan pangan dalam usaha bisnisnya. Selanjutnya hasil studi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah dalam membuat rumusan kebijakan publik yang lebih memberdayakan masyarakat. Luaran yang diharapkan dapat diterapkan secara aplikatif dan terukur dalam studi ini adalah berupa publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi maupun di surat khabar berupa artikel ilmiah populer, rekomendasi model edukasi konsumen yang bermanfaat bagi produsen dan kebijakan publik pemerintah, serta buku ajar bidang iptek maupun buku referensi. Kegiatan-kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan studi ini antara lain dengan penelitian bidang bahan pangan dari sisi konsumen, produsen, produk maupun kewirausahaan, pengabdian masyarakat dengan melakukan pelatihan, konsultasi dan pendampingan UKM yang beroperasi di bidang pangan. Selain itu, juga pelatihan untuk pengembangan produk pangan aman dengan metode yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Dengan model edukasi konsumen ini akan mengembangkan pemahaman konsumen dan produsen Indonesia untuk lebih memahami pentingnya keamanan pangan dan etika lingkungan bagi masyarakat 2 secara keseluruhan. Hasil studi ini sangat dimungkinkan untuk ditindaklanjuti dengan studi untuk melihat perkembangan dan potensi pengusaha Indonesia dalam mengembangkan keamanan bahan pangan dan mengkaji regulasi pemerintah berkaitan dengan kesehatan masyarakat

Item Type: Research
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Jul 2014 15:50
Last Modified: 06 Mar 2025 14:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item