FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM PENCAPAIAN KESEPAKATAN NEGOSIASI EVENT ORGANIZER DALAM MENDAPATKAN KLIEN PAMERAN MENURUT ANN JACKMAN (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Peserta Pameran “Bangun Rumah” di Ambarrukmo Plaza)

Wibowo, Ibnu (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM PENCAPAIAN KESEPAKATAN NEGOSIASI EVENT ORGANIZER DALAM MENDAPATKAN KLIEN PAMERAN MENURUT ANN JACKMAN (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Peserta Pameran “Bangun Rumah” di Ambarrukmo Plaza). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03205.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03205.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03205.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Negosiasi adalah usaha untuk mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga bisa tercapai suatu tujuan bersama. Negosiasi dalam bidang pameran merupakan faktor yang berperan bagi penyelenggara pameran untuk mendapatkan klien yang juga sebagai calon peserta pameran. Negosiasi merupakan proses komunikasi antar lebih dari satu pihak untuk dapat menyelaraskan keinginan atau kebutuhan baik individu maupun kelompok. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi tentang faktor-faktor yang berperan dalam kesepakatan negosiasi event organizer dalam mendapatkan peserta pameran yang diadakan di Ambarrukmo Plaza. Kegiatan penelitian ini dimulai dari teori-teori yang berhubungan dengan penelitian antara lain komunikasi persuasif; teori pertukaran sosial; negosiasi; dan event pameran. Selanjutnya dari teori tersebut dihasilkan beberapa variabel yang akan diteliti, penelitian ini menggunakan kuisoner untuk pengumpulan data yang akan diolah. Data kuisoner didapat dari membagi kuisoner secara langsung pada pameran yang diadakan pihak EO secara langsung di lapangan. Data penelitian ini menggunakan total sampel sebanyak 41 dari 21 perusahaan peserta pameran yang dijadikan responden penelitian. Data kemudian diolah menggunakan program SPSS 15.0 for Windows drngan menggunakan teknik analisis deskriptif dan distribusi frekuensi. Basil olah data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran faktor-faktor negosiasi yang berperan dalam sebuah pameran. Hasil peneliatian menunjukkan bahwa faktor-faktor negosiasi yang terdapat dalam teori sebelumnya antara lain waktu persiapan yang memadai; sasaran yang jelas; pengetahuan tentang pokok permasalahan; informasi mengenai lawan negosiasi; strategi negosiasi yang jelas; taktik negosiasi yang tepat; sikap saling menghormati; keterampilan komunikasi; sikap terbuka; sikap konstruktif dalam menangani setiap konflik; kemauan untuk berkompromi sehingga tercipta fleksibilitas yang memuaskan semua pihak; tercapainya hasil dan kesepakatan yang jelas disertai pencatatan; dan kesepakatan yang benar - benar dilaksanakan. Faktor-faktor keberhasilan negosiasi yang disebutkan dalam buku Ann Jackman yang berjudul ‘How to negotiate, teknik Sukses bernegosiasi’ merupakan faktor yang dianggap berperan penting. Basil penelitian ini menunjukkan peserta pameran menganggap bahwa negosiasi merupakan salah satu proses persiapan untuk ikut serta pada kegiatan pameran, penyelarasan keinginan serta dengan adanya negosiasi akan mengurangi resiko curiga atas adanya penipuan kerjasama pameran dan menimbulkan kepercayaan kepada pihak penyelenggara maupun calon peserta pameran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Negosiasi, Komunikasi persuasif, event, pameran, event organizer (EO)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2013 11:36
Last Modified: 01 May 2013 13:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item