IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYAMPAIKAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK (Studi Kasus Tentang Perubahan Corporate Identity Hotel Dynasti Purwokerto Menjadi Hotel Horison Purwokerto)

FELICIA, FEBY (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYAMPAIKAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK (Studi Kasus Tentang Perubahan Corporate Identity Hotel Dynasti Purwokerto Menjadi Hotel Horison Purwokerto). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03230.pdf

Download (1112Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03230.pdf

Download (216Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03230.pdf

Download (356Kb)

Abstract

Komunikasi guna menyampaikan corporate identity suatu perusahaan yang berganti identitas sangat penting. Perubahan nama hotel Dinasty menjadi hotel Horison harus ditindaklanjuti dengan upaya mengkomunikasikan perubahan corporate identity kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ini implementasi strategi komunikasi dalam perubahan corporate identity kepada publik eksternal (studi kasus tentang perubahan corporate identity Hotel Dynasti Purwokerto menjadi hotel Horison Purwokerto). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (Case Study). Penelitian dilaksanakan di hotel Horison. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisisi data dilakukan dengan mangatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode, dan mengkategorikan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: Pertama, implementasi atau pelaksanaan strategi komunikasi diawali dengan komunikasi kepada internal hotel yaitu kepada para pegawai. Dalam hal ini, pihak manajamen memberikan training kepada seluruh pegawai secara bertahap serta memanfaatkan berbagai media guna menguatkan internalisasi corporate identity kepada para pegawai. Para pegawai adalah bagian dari organisasi kerja, orang atau sumber daya yang melaksanakan strategi tersebut. Melalui para pegawai hotel dan juga media massa ataupun media promosi, komunikasi guna mengenalkan corporate identity kepada publik eksternal dapat dilaksanakan dengan baik. Kedua, implementasi strategi melalui komunikasi kepada publik eksternal yaitu kepada para pengunjung hotel dan masyarakat luas. Komunikasi ini dijalankan dengan memanfaatkan media massa dan kegiatan promosi hotel serta mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan sesuai dengan momentum yang ada di masyarakat seperti HUT Kemerdekaan RI, kegiatan bulan puasa Ramadhan, dan bulan PMI dengan mengadakan donor darah. Implementasi strategi melalui internal dan eksternal berjalan dengan sukses dimana tahapan dalam strategi dapat diimplementasikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, srategi komunikasi, corporate identity
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2013 11:54
Last Modified: 01 May 2013 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item