Mudjihartono, Paulus and Dewi, Findra Kartika Sari Perancangan Online Enrollment System Untuk Memenuhi Kebutuhan Mata Kuliah (2011). [Research]
![]() |
Text
Laporan Perancangan Online Enrollment System Untuk Memenuhi .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Proses pendaftaran matakuliah (enrollment) di awal semester oleh mahasiswa merupakan suatu proses penting dalam keseluruhan proses perkuliahan. Daftar mahasiswa dan kelas, presensi dan bahkan prediksi pendapatan dapat dibangkitkan, dan dijadikan pertimbangan dalam keputusan manajerial. Proses pendaftaran matakuliah berdasarkan keaktifan mahasiswa dikategorikan dalam tipe pendafataran aktif dan pasif. Sedangkan proses pendaftaran matakuliah berdasar availabilitas kelas dikategorikan dalam tipe pendaftaran pra jadwal dan pendaftaran pasca jadwal. Universitas Atma Jaya Yogyakarta menerapkan pendaftaran matakuliah aktif (kecuali mahasiswa baru pada semester pertama) dan pendaftaran matakuliah pasca jadwal. Jadwal sebagai komponen penting dalam pendaftaran matakuliah pasca jadwal menjadi permasalahan tersendiri. Bagaimana jadwal dapat memenuhi keinginan semua mahasiswa? Bagaimana menjamin bahwa tawaran matakuliah yang tercantum di jadwal sesuai dengan kebutuhan mahasiswa? Bahkan permasalahan dari sisi dosen, seperti bagaimana jadwal tersebut memenuhi preferensi dosen? Bagaimana jadwal tersebut sesuai dengan sumber daya lain? Dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dalam hal penangkapan kebutuhan mahasiswa terhadap matakuliah yang ditawarkan ke dalam jadwal. Penangkapan ini dilaksanakan sebelum meluncurkan jadwal final perkuliahan, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa terhadap mata kuliah dan jumlah kelas yang akan ditawarkan.
Item Type: | Research |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 17:21 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 11:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |