., Suyoto and Dwiandiyanta, B. Yudi and Suselo, Thomas Rancang Bangun Layanan Konten Ponsel dengan Pendekatan Multimedia Interaktif (2010). [Research]
![]() |
Text
TF68605.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada laporan penelitian ini, akan dipaparkan penelitian rancang bangun aplikasi Layanan Konten Ponsel dengan Pendekatan Multimedia Interaktif. Aplikasi ini terdiri dari tiga aplikasi yang digunakan sebagai sarana pemberian bantuan layanan Bimbingan Konseling (BK) secara tidak langsung yang berjalan pada piranti mobile yaitu telepon seluler (ponsel). Tiga sub aplikasi tersebut adalah aplikasi m-KK (mobile Kecerdasan Emosional), aplikasi m-KK (mobile Kecerdasan Kesuksesan), dan aplikasi m-Pimpin (mobile Kepemimpinan). Metode pendekatan yang dipakai di dalam pengembangan aplikasi adalah pendekatan gabungan antara multimedia interaktif dan psikologi pendidikan. Manakala dalam pengembangan perangkat lunak mencakup aspek antarmuka (interface), interaktivitas, kemudahan untuk digunakan, dan perangkat lunak stand alone_ yang berjalan pada ponsel dan -berbasis multimedia. Langkah ini menghasilkan dokumen Spesifikai Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL), Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL), dan Papan Cerita (story board). Seterusnya, di dalam rangkaian uji coba menuju kesempumaan bentuk dan fungsi, perangkat lunak ini akan diuji secara fungsionalitas dengan menggunakan dokumen Perancangan, Deskripsi dan Hasil Uji Perangkat Lunak (P:pHUPL_). Selanjutnya, untuk menguji keefektifan perangkat lunak ini digunakan prosedur kualitatif (angket dan wawancara). Terdapat empat kompoilen multimedia yang dipakai pada aplikasi ini yaitu teks, gambar/grafik, audio/suara, dan animasi. Aplikasi ini dibangi.m dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash Profesional _CS4 dan Adobe Fl sh Lite 3.0. Aplikasi ini akan diujicobakan dengan emulator Nokia N70, Handset Nokia N 73 Music Edition dan Nokia ES1 dengan Sistem Opei:'asi Symbian..; - Secara·keseluruhan, luaran yang telah dihasilkan dari-penelitian ini pada tahun pertama (2010) adalah: (i) tiga prototipe perangkat lunak berdasarkan stand alone dan berbasis multimedia interaktif yaitu aplikasi m-KE, m-KK dan m-Pimpin, (ii) dokumen pengembangan aplikasi layanan konten untuk ke-tiga prototipe tersebut (SKPL, DPPL dan PDHUPL), (iii) satu makalah yang telah diseminarkan dalam Call for Paper pada Musyawarah Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Inform.atika dan Komputer (Munas APTIKOM) di Bandung. - Pada tahun ke dua (2011), luai:'an yang dihasilkan adalah (i) makalah yang akan diterbitkari dalain konferensi iiltemasional jumal nasional terakreditasi dan atau jumal intemasional terakreditasi, (ii) buku ajar tentarig multimedia pembelajaran dari (iii) menjadi pembicara tamu di Universiti Kebangsaan Malaysia. •
Item Type: | Research |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 20:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 14:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |