Analisis dan Perancangan Alat Bantu Monitor Brand UAJY di Situs Jejaring Sosial Twitter (2011)

WP, Y. Sigit Purnomo and Dewi, Findra Kartika Sari Analisis dan Perancangan Alat Bantu Monitor Brand UAJY di Situs Jejaring Sosial Twitter (2011). [Research]

[img] Text
TF71001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Brand monitoring telah menjadi tugas penting bagi setiap individu atau korporasi seiring dengan perkembangan situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, MySpace dan lainnya. Citra positif akan suatu brand sangat penting sehingga bijaksana jika sang pemilik brand melakukan pengamatan akan komentar-komentar yang diberikan oleh masyarakat mengenai brand yang mereka miliki di situs jejaring sosial. Namun, jika proses pengamatan atau monitoring ini dilakukan secara manual maka tidak efisien. Brand monitoring dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat lunak sebagai alat bantu. Perangkat lunak ini akan membantu untuk meng-capture data-data dari situs jejaring sosial Twitter yang terkait dengan brand UAJY secara otomatis dan menyimpannya ke basis data. Data yang disimpan juga akan di filter terlebih dahulu untuk membedakan data mana yang sesuai dengan brand UAJY dan data mana yang merupakan noise terhadap brand UAJY. Jika dikembangkan lebih lanjut, alat bantu Brand monitoring ini dapat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana pendapat masyarakat (pengguna Twitter) mengenai brand UAJY. Lebih jauh, pendapat tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi UAJY untuk melakukan introspeksi, memperbaiki kesalahan dan kekurangan, serta meningkatkan pelayanan agar UAJY semakin baik dan pada akhirnya akan meningkatkan peringkat brand UAJY.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Brand, Sentiment, Monitoring, Twitter, UAJY.
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jul 2014 15:20
Last Modified: 06 Mar 2025 09:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5544

Actions (login required)

View Item View Item