STRATEGI BRAND BUILDING PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF STRATEGI BRAND BUILDING PADA BAKPIAPIA DJOGJA DALAM MEMBENTUK AWARENESS KONSUMEN)

Listiyani, Ursula Kurnia (2012) STRATEGI BRAND BUILDING PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF STRATEGI BRAND BUILDING PADA BAKPIAPIA DJOGJA DALAM MEMBENTUK AWARENESS KONSUMEN). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03294.pdf

Download (1447Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03294.pdf

Download (255Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1927Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03294.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03294.pdf

Download (16Mb)

Abstract

Bakpia, saat ini tidak hanya menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta saja, tetapi juga menjadi komoditi perdagangan yang menghasilkan pasar potensial. Berbagai produsen bakpia muncul, menawarkan kekhasan lain dari sebuah produk bakpia. Bakpiapia Djogja merupakan merek bakpia baru yang juga ikut mengembangkan kreasi pada produk bakpia sehingga memiliki citarasa yang berbeda dengan produk bakpia lainnya. Bakpiapia Djogja muncul dengan slogan Lebih Dari Yang Asli, untuk menekankan image unik dan kreatif yang dibangun oleh merek Bakpiapia Djogja. Penelitian ini menggunakan konsep strategi brand building Kevin Keller dimana konsep ini menitikberatkan pada tiga hal, yaitu, brand elements, program pemasaran dan leveraging secondary association. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi brand building yang dilakukan oleh Bakpiapia Djogja dalam membentuk awareness konsumen terhadap merek Bakpiapia Djogja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan objek penelitian secara mendalam dengan pengumpulan data yang juga dilakukan secara mendalam. Metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi nonpartisipatif dimana peneliti mewawancarai pihak manajemen Bakpiapia Djogja untuk mengetahui perkembangan merek dan strategi yang digunakan oleh Bakpiapia Djogja. Wawancara juga dilakukan dengan target market Bakpiapia Djogja untuk mengetahui sejauh mana awareness konsumen terhadap merek Bakpiapia Djogja. Analisa data menggunakan triangulasi data dengan membandingkan hasil wawancara, artikel dan dokumen yang berkaitan terhadap objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa image merupakan pondasi yang ingin dibangun oleh merek Bakpiapia Djogja di mindset konsumen. Hasil yang dituju oleh merek Bakpiapia Djogja adalah memperkenalkan Bakpiapia Djogja sebagai merek bakpia kreatif dan unik pada masyarakat Yogyakarta, serta menjadikan merek Bakpiapia Djogja sebagai bagian dari keseharian konsumen (camilan), didukung dengan adanya publisitas media yang menguatkan posisi Bakpiapia Djogja. Strategi brand building yang dilakukan adalah (1) membenahi visi Bakpiapia Djogja sebagai produk camilan, tidak hanya sekedar oleh-oleh, (2) pemberian nama merek baru dan perbaikan manajemen (internal), (3) menggunakan nama varian produk yang kreatif dan menarik, (4) menggunakan social media sebagai media pemasaran online. Bakpiapia Djogja menyadari pentingnya membangun merek namun implementasinya tidak dimaksimalkan dengan divisi yang khusus menangani perencanaan brand building, selain itu perencanaan jangka panjang juga kurang diperhatikan.Saran bagi Bakpiapia Djogja perlu adanya tim khusus yang menangani perencanaan jangka panjang dengan goal yang mau dicapai, sehingga proses brand building dapat dievaluasi di masa mendatang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand, Strategi brand building, Awareness konsumen.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2013 13:43
Last Modified: 01 May 2013 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item