PERAN PETUGAS CUSTOMER SERVICE PT. SUMBER TURINDO YOGYAKARTA DALAM MENJALIN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PELANGGAN

Santoso, Yovita Soviana (2012) PERAN PETUGAS CUSTOMER SERVICE PT. SUMBER TURINDO YOGYAKARTA DALAM MENJALIN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PELANGGAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03372.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03372.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03372.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan yang bergerak di bidang jasa harus berorientasi pada pelanggan, yaitu memuaskan para konsumen. Perusahaan memiliki tugas mendasar yaitu untuk mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Dengan komunikasi yang efektif maka perusahaan transportasi jasa mampu membina hubungan baik, dinamis dan harmonis dengan pelanggan. Customer service merupakan salah satu jabatan yang penting bagi perusahaan jasa transportasi karena menyangkut masa depan jalannya perusahaan. Dalam upaya peningkatan pemberian pelayanan jasa kepada pelanggannya, perusahaan perlu menekankan visinya dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan dan keinginan para pelanggannya tersebut. Customer Service PT. Sumber Turindo menjalin komunikasi interpersonal dengan para pelanggannya. Dalam komunikasi interpersonal, penerima pesan dapat langsung menanggapi atau memberikan feed back. Dalam pada itu, diantara pengirim dan penerima pesan terjadi interaksi, yang satu mempengaruhi yang lain dan kedua-duanya saling mempengaruhi dan memberi serta menerima dampak. Kedekatan hubungan customer service dan pelanggan tercermin pada jenis-jenis pesan dan respon nonverbal mereka, seperti sentuhan, tatapan mata yang ekspresif, dan jarak fisik yang sangat dekat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat studi. Tujuan penulis menggunakan metode deskriptif adalah untuk menggambarkan karakteristik dari individu, situasi, atau kelompok tertentu. Sesuai dengan sifatnya yang deskriptif, maka data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambar. Penelitian ini memaparkan hasil penemuan data di lapangan terkait dengan peran customer service PT. Sumber Turindo Yogyakarta dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Dari hasil data yang ditemukan, customer service PT. Sumber Turindo memiliki kontribusi peran karena sebagai fasilitator komunikasi, pemecah masalah, mengubah perilaku, dan membentuk citra positif perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, Petugas Customer Service, Menjalin Komunikasi Interpersonal, Pelanggan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 09:28
Last Modified: 01 May 2013 11:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item