PERSEPSI MASYARAKAT KABUPATEN GUNUNG KIDUL DAN KABUPATEN BANTUL TERHADAP ISI PROGRAM BERITA SEPUTAR JOGJA DI JOGJA TV

YOGA, PUTU SATRIA SENTANA (2012) PERSEPSI MASYARAKAT KABUPATEN GUNUNG KIDUL DAN KABUPATEN BANTUL TERHADAP ISI PROGRAM BERITA SEPUTAR JOGJA DI JOGJA TV. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03389.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03389.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03389.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img]
Preview
Text (Bab III)
3KOM03889.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah kehidupan pasti manusia membutuhkan informasi, dikarenakan dengan informasi manusia dapat terbantu untuk melaksanakan kegiatannya. Contohnya informasi rute perjalanan. Dengan adanya informasi tersebut, para pekerja dapat mengantisipasi jalur mana yang akan dipilih agar terhindar dari kemacetan. Maka dari itu lah informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat haruslah baik dan benar, karena dengan begitu masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan baik pula. Informasi yang akan diberikan kepada masyarakat bukan hanya baik secara penyajian saja, tetapi harus sesuai dengan fakta yang ada. Karena jika informasi yang diberikan kepada masyarakat tidak sesuai dengan kebenarannya, maka informasi tersebut nantinya akan menyesatkan dan menimbulkan efek negatif. Mengapa menimbulkan efek yang negatif, karena pada dasarnya sebagian besar masyarakat belum bisa menyaring informasi yang disajikan oleh media dengan baik. Masyarakat cenderung menerima informasi tersebut dengan mudah, tanpa memikirkan kebenarannya. Jika informasi itu sudah melekat pada pemikirannya mereka akan melakukan aktifitas dengan dasar informasi yang sudah didapat tersebut. Penelitian ini terfokus pada persepsi yang dibentuk oleh masyarakat atas pemberitaan Seputar Jogja di Jogja TV. Persepsi dimaksud persepsi adalah Persepsi yang pada hakikatnya adalah merupakan proses penilaian seseorang terhadap obyek tertentu. Persepsi, menurut (Jalaludin Rakhmat, 2012: 51), adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi merupakan aktivitas mengindera, mengintergrasikan dan memberikan penilaian pada obyekobye fisik maupun obyek sosial, dan penginderaan tersebut tergantung pada stimulus sosial yang ada dilingkungannya. Sensasi-sensasi dari lingkungan akan diolah bersama-sama dengan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya baik hal itu berupa harapan-harapan, nilai-nilai, sika, ingatan dan lain-lain. Persepsi merupakan proses aktif yang memegang peranan, bukan hanya stimulus yang mengenai tetapi juga individu sebagai satu kesatuan dengan pengalamanpengalamannya, motivasi serta sikapnya yang relevan dalam menanggapi stimulus. Persepsi dalam arti umum adalah pandangan seseorang terhadap sesuatu yang akan membuat respon bagaimana dan dengan apa seseorang akan bertindak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 09:42
Last Modified: 18 Apr 2013 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item