Pengaruh Intensitas Membaca Tabloid Magic Wave Terhadap Kepuasan Komunitas Surfing di Bali (Studi Eksplanatif Kuantitatif tentang Pengaruh Intensitas Membaca Tabloid Magic Wave terhadap Kepuasan Anggota Bukit Board Riders Bali)

Kartikaningrum, Natalia Indah (2012) Pengaruh Intensitas Membaca Tabloid Magic Wave Terhadap Kepuasan Komunitas Surfing di Bali (Studi Eksplanatif Kuantitatif tentang Pengaruh Intensitas Membaca Tabloid Magic Wave terhadap Kepuasan Anggota Bukit Board Riders Bali). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03394.pdf

Download (844Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03394.pdf

Download (307Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03394.pdf

Download (400Kb)

Abstract

Keindahan alam di Pulau Bali sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun di luar Indonesia. Pariwisata disana sangat hidup, begitu juga dengan dunia surfing. Hampir seluruh laut di Bali, ombaknya bisa digunakan untuk surfing. Tidak hanya penduduk setempat yang suka surfing, tetapi wisatawan mancanegara dari berbagai daerah berdatangan ke Bali untuk berolahraga surfing. Menjamurnya surfing di Bali, membuat banyak media massa yang timbul untuk memberikan informasi seputar surfing, salah satunya yaitu tabloid Magic Wave. Selain itu juga banyak penduduk lokal yang membuat komunitas-komunitas surfing, untuk memajukan potensi atlet-atlet surfing yang ada di beberapa daerah di Bali, salah satunya yaitu komunitas Bukit Board Riders. Tabloid Magic Wave sangat membantu memberikan informasi bagi para peminat dunia surfing di Bali maupun di luar Bali. Selain itu, tabloid Magic Wave juga membantu para komunitas surfing di Bali dalam memajukan komunitas tersebut agar dikenal dikalangan surfer lokal maupun mancanegara. Intensitas membaca adalah dimana seberapa sering konsumen membaca atau meminjam dalam mengkonsumsi media tersebut. Intensitas membaca dipengaruhi oleh kebutuhan individu terhadap informasi. Artinya semakin sering usaha individu dalam mencari informasi dari media, maka semakin sering konsumsi individu terhadap media. Oleh karena itu, intensitas membaca merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kepuasan pembaca. Variabel dalam penelitian ini adalah Intensitas Membaca Tabloid Magic Wave (X), Kepuasan Anggota Bukit Board Riders (Y), dan Ciri Demografis (Z). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Kuesioner yang menjadi alat pengukuran dibagikan kepada 78 orang anggota Bukit Board Riders pada bulan April 2012. Penelitian ini menggunakan sampling purposif dalam menentukan sampel. Untuk metode analisis datanya menggunakan teknik uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi parsial, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji korelasi dan uji linier sederhana, intensitas membaca tabloid Magic Wave memberikan pengaruh terhadap kepuasan anggota Bukit Board Riders Bali, dengan kategori lemah. Nilai korelasi yang dihasilkan antara variabel X dan Y yang dipengaruhi variabel Z adalah 0,268, dengan nilai signifikansi 0,020. Sedangkan nilai koefisien determinasi yang dihasilkan setelah uji regresi (nilai R square) adalah .069, yang berarti persentase pengaruh intensitas membaca (variabel X) terhadap kepuasan pembaca (variabel Y) hanya sebesar 6,9%. Sedangkan sisanya 93,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Dari analisis data tersebut diketahui bahwa kepuasan pembaca tabloid Magic Wave tidak hanya dapat ditinjau dari intensitas membaca saja, tetapi dapat juga ditinjau dari indikator-indikator lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Membaca, Tabloid Magic Wave, Kepuasan Pembaca
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 09:51
Last Modified: 01 May 2013 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item