PURNAMASARI, DWITA (2012) PEMANFAATAN NEW MEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN (Studi Kasus Penggunaan New Media di PT. Aseli Dagadu Djokdja). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03408.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03408.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03408.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03408.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03408.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan new media dalam membangun hubungan pelanggan di PT. Aseli Dagadu Djokdja (PT. ADD). Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendeskrispsikan pemanfaatan new media dalam membangun hubungan pelanggan di PT. ADD, serta mengkategorisasikan jenis new media yang digunakan dan tipe pelanggan yang dijangkau dengan new media tersebut hingga hubungan pelanggan yang akhirnya terbentuk. Dalam penelitian ini digunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dalam pengumpulan datanya. Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara tatap muka dengan pihak marketing manager, marketing communications dan CRO PT. ADD. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa pemanfaatan new media yang dilakukan oleh PT. ADD ini tidak terlepas dari kategori tipe pelanggan yang ingin dijangkau. Jenis new media menentukan pula pelanggan yang seperti apa yang akan dijangkau. Dari kedua hal ini lalu akan membentuk hubungan pelanggan yang berbeda dan bersifat saling melengkapi antara satu new media dengan jenis new media lainnya. Pada website pelanggan yang terjangkau oleh media ini adalah pelanggan yang masih baru sehingga hubungan pelanggan yang tercipta pun terbatas pada tahap pengenalan. Selanjutnya pelanggan yang berkomunikasi menggunakan e-mail pada umumnya adalah pelanggan yang menginginkan kepraktisan dalam berkomunikasi atau mengirimkan data, lalu hubungan pelanggan yang ada menciptakan kesan serius, formal dan berorientasi pada bisnis. Instant messaging digunakan oleh pelanggan yang pernah berkomunikasi sebelumnya dengan Dagadu dan memiliki kedekatan dengan Dagadu sehingga kemudian komunikasi yang timbul akan berujung pada loyalitas pelanggan tersebut. Sedangkan untuk kategori new media facebook dan twitter sebagai bagian dari social media memiliki karakteristik komunikasi hubungan pelanggan yang mengedepankan kedekatan emosional dan mengaburkan batasan antara korporat dan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | new media, tipe pelanggan, hubungan pelanggan |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 10:15 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/572 |
Actions (login required)
View Item |