POLITIK KEKUASAAN KPK dan POLRI (Analisis Semiotika Foto-Foto Headline Perseteruan KPK dan Polri dalam Tiga Surat Kabar Nasional: Kompas, Koran Tempo, dan Media Indonesia edisi Rabu, 1 Agustus 2012)

ERLANGGA, PIUS (2014) POLITIK KEKUASAAN KPK dan POLRI (Analisis Semiotika Foto-Foto Headline Perseteruan KPK dan Polri dalam Tiga Surat Kabar Nasional: Kompas, Koran Tempo, dan Media Indonesia edisi Rabu, 1 Agustus 2012). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003253.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Bab I)
KOM103253.pdf

Download (284kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203253.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
KOM303253.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403253.pdf

Download (11MB)

Abstract

Foto headline adalah kekuatan perwajahan sebuah surat kabar harian disetiap edisinya. Foto headline mewakili ke arah mana pemberitaan suatu surat kabar harian. Kebijakan pemilihan foto headline diyakini memiliki aturan berbeda antar redaksional ketiga surat kabar harian yang menjadi objek dalam penelitian ini. Kekuatan foto headline membawa ideologi serta kepentingan nilai komersil yang ingin dicapai oleh ketiga surat kabar harian nasional ini. Kita mengetahui interpretasi politik kekuasaan antara dua lembaga penegak hukum yang dimiliki oleh negeri ini. Perseteruan diantara keduanya menunjukan keduanya memiliki kepentingan baik pribadi (institusi), maupun citra sebagai penegak hukum. Kedua saling berseteru berlandaskan saling mengoreksi satu sama lain. Foto berita dalam kemasan foto headline menggelontorkan makna tersirat teruntuk para penikmatnya. Tanpa memandang tingkat pemahaman akan nilai, makna dan pengetahuan foto jurnalistik. Pada akhirnya, tiga surat kabar telah menyajikan makna terpendam di balik foto headline edisi Rabu, 1 Agustus 2013. Media masa secara khusus surat kabar harian telah mengaturnya menjadikan nilai komersial di balik politik kekuasaan yang menghasilkan perseteruan. Menjadi anjing penjaga di balik kepentingan komoditas media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Semiotika Foto Berita, Foto Headline, Politik dan Kekuasaan, Komoditas Media
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Sep 2014 08:02
Last Modified: 01 Sep 2014 08:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item