PENGARUH INTENSITAS MENONTON SIARAN PERTANDINGAN PIALA EROPA 2012 TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY (Analisis Perbandingan Pengaruh Intensitas Menonton Siaran Pertandingan Piala Eropa 2012 di Televisi Terhadap Brand Awareness dan Perceived Quality Adidas, Nike, Umbro, dan Puma Bagi Penggemar Sepak Bola di Yogyakarta)

Damayanti, Patricia Kandi (2012) PENGARUH INTENSITAS MENONTON SIARAN PERTANDINGAN PIALA EROPA 2012 TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY (Analisis Perbandingan Pengaruh Intensitas Menonton Siaran Pertandingan Piala Eropa 2012 di Televisi Terhadap Brand Awareness dan Perceived Quality Adidas, Nike, Umbro, dan Puma Bagi Penggemar Sepak Bola di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03455.pdf

Download (11Mb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03455.pdf

Download (1317Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03455.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03455.pdf

Download (347Kb)

Abstract

Televisi merupakan media massa yang memiliki efek paling besar jika dibandingkan dengan media lain. Efek dari terpaan tayangan televisi adalah efek kognitif yaitu pengetahuan tentang tayangan tersebut, efek afektif yaitu keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan apa yang diinformasikan oleh tayangan tersebut dan efek konatif yaitu melakukan apa yang diperintahkan oleh tayangan tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu alasan para marketer tertarik untuk menjalin kerja sama sponsorship pada event yang disiarkan oleh media televisi. Piala Eropa 2012 yang berlangsung pada bulan Juni hingga Juli 2012 merupakan salah satu tayangan di televisi yang menarik minat banyak khalayak, terutama bagi para penggemar sepak bola, sehingga menjalin kerja sama sebagai sebagai jersey sponsorship tim peserta Piala Eropa 2012 menjadi salah satu strategi marketer untuk meningkatkan ekuitas merek, terutama brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intensitas menonton siaran pertandingan Piala Eropa 2012 terhadap brand awareness dan perceived quality empat merek perlengkapan olahraga yang menjadi sponsor tim peserta Piala Eropa 2012, yaitu Adidas, Nike, Umbro, dan Puma. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu intensitas menonton siaran pertandingan Piala Eropa 2012 (variabel independen), brand awareness (variabel antara), dan perceived quality (variabel dependen). Teori utama yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Kultivasi. Penarikan sampel dilakukan secara acak (non probability sampling) dengan menggunakan accidental sampling yaitu 100 orang penggemar sepak bola di Yogyakarta. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode uji regresi. Uji regresi digunakan untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung serta memprediksi nilai variabel tergantung dengan menggunakan variabel bebas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 10:36
Last Modified: 18 Apr 2013 10:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item