PERAN LABEL REKAMAN DALAM PROMOSI ALBUM MELALUI TWITTER (Studi Deskriptif tentang Peran Label Rekaman Elevation Records dalam Promosi Reissue Album Piringan Hitam Sajama Cut “The Osaka Journals” Melalui Akun Twitter @Elevation77)

Corputra, Gregorius Nico Okada (2014) PERAN LABEL REKAMAN DALAM PROMOSI ALBUM MELALUI TWITTER (Studi Deskriptif tentang Peran Label Rekaman Elevation Records dalam Promosi Reissue Album Piringan Hitam Sajama Cut “The Osaka Journals” Melalui Akun Twitter @Elevation77). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi)
JURNAL.pdf

Download (102kB)

Abstract

Internet adalah media baru yang dipakai pemasar sebagai media dalam beriklan dikarenakan menghemat biaya, dan dapat menyasar target konsumen yang lebih akurat. Internet dapat dengan mudah diakses melalui perangkat mobile untuk terhubung ke jejaring sosial. Salah satu jejaring sosial yang mencapai kepopulerannya di Indonesia adalah twitter. Jejaring sosial twitter memudahkan penggunanya untuk menyebarkan informasi dan mempromosikan sebuah barang atau jasa, dari sekian banyak pemasar yang menggunakan media twitter untuk promosi dan memasarkan dagangannya, salah satunya ialah dalam industri rekaman. Industri rekaman dikategorikan menjadi dua yaitu Major label dan Indie label. Indie label sendiri diartikan sebagai label rekaman yang tidak dikuasai oleh perusahaan – perusahaan rekaman besar, serta lebih tersegmentasi dalam pemilihan artis/band yang seringkali membuka ceruk pasar baru yang tidak diambil oleh major label. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran label rekaman Elevation Records dalam promosi album reissue piringan hitam Sajama Cut “The Osaka Journals” melalui akun twitter @Elevation77. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengenal, mendapatkan, serta memberikan gambaran atau paradigma mengenai suatu gejala. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyelidiki dan menggambarkan keadaan obyek berdasar fakta-fakta yang tampak. Teori yang digunakan pada penelitian ini antara lain teori komunikasi, marketing mix, produk, promotional mix, dan internet marketing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara narasumber obyek penelitian mengenai peran label rekaman Elevation Records dalam promosi album reissue Sajama Cut “The Osaka Journals” melalui akun twitter @Elevation77. Wawancara juga dilakukan dengan pembeli album reissue piringan hitam Sajama Cut. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa peran label rekaman dalam promosi album melalui twitter adalah penyebar informasi, pembentuk image label rekaman yang “introvert”, penyebar idealisme pemilik label rekaman, dan pembangun daya pikat kepada calon konsumen. Setelah melakukan penelitian ini, saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini dapat memberikan pengetahuan tentang peran label rekaman dalam promosi album melalui twitter, dan label rekaman harus detail dalam penyampaian pesan kepada calon konsumen, serta membeli rilisan album fisik dari sebuah band secara legal adalah sebuah penghargaan besar untuk karya mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: label rekaman, promosi, piringan hitam, twitter.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2014 08:36
Last Modified: 15 Sep 2014 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item